Matematika Unand Sukses Menjadi Tuan Rumah Seminar Nasional dan Workshop Aljabar

12 November 2018

Jurusan Matematika Universitas Andalas mendapat kepercayaan dari Komunitas Peminat Aljabar (KPA) Indonesia untuk menjadi tuan rumah Seminar Nasional dan Workshop Penelitian Aljabar pada tahun ini. Hal ini menjadikan Jurusan Matematika Unand sebagai institusi pertama di Sumatera yang bertindak sebagai host dalam kegiatan tahunan KPA ini.  Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 08-09 November 2018 dan bertempat di gedung Pascasarjana Universitas Andalas.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “ Kontribusi Aljabar, Aplikasi dan Pembelajarannya untuk Peningkatan Sains dan Teknologi ”. Pelaksanaan kegiatan ini dimotori oleh dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam Lab/KBK Aljabar Jurusan Matematika Unand. Pembicara undangan dalam seminar utama adalah Ayesha Asloob Qureshi, Ph.D dari Sabanci University - Turki,  Fajar Yuliawan, Ph.D dari Departemen Matematika Institut Teknologi Bandung dan  Dr. Yanita dari Jurusan Matematika Universitas Andalas.

Adapun peserta dalam seminar paralel terdiri dari dosen dan mahasiswa S1, S2, S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Menurut Ketua Panitia, Monika Rianti Helmi, M.Si, peminat peserta pada sesi paralel cukup tinggi, mereka berasal dari berbagai institusi seperti Unand, ITB, UGM, Univ. Ahmad Dahlan, Sekolah Tinggi Sandi Negara, Univ. Brawijaya, Univ. Sebelas Maret, UIN Malang, Telkom University dan IAIN Syeikh Nurjati Cirebon. Dalam seminar paralel tidak hanya disampaikan hasil-hasil penelitian yang terkait langsung dengan bidang aljabar, tapi juga bidang-bidang non aljabar seperti statistika, analisis, terapan maupun kombinatorika. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah motivasi mahasiswa dan dosen untuk menghasilkan penelitian-penelitian di bidang aljabar dan aplikasinya.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan workshop penelitian aljabar yang disampaikan oleh Ayesha Asloob Qureshi, Ph.D. Setelah itu dilanjutkan kembali dengan seminar paralel. Sebagai rangkaian acara terakhir, diadakan sarasehan  KPA berupa laporan dari Ketua KPA periode 2015-2018, Dr. Intan Muchtadi (ITB), serta pengukuhan Prof. Amir Kamal Amir (Univ. Hasanuddin) selaku ketua KPA periode 2018-2021. Selanjutnya pada hari ketiga, Seminar Nasional dan Workshop Penelitian Aljabar dimeriahkan dengan kegiatan tour ke beberapa objek wisata di Sumatera Barat.

 

  

  

Read 570 times