Mathematics Exhibition 2019

28 September 2019

Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Andalas kembali mengadakan Mathematics Exhibition atau biasa disingkat Matex pada tahun ini pada tanggal 26-27 September 2019 dengan mengambil tema "We are the elements of surprise". Matex telah menjadi ajang olimpiade di bidang matematika setiap tahunnya bagi mahasiswa S1 se-Indonesia dan termasuk dalam rangkaian acara Student Fair FMIPA Universitas Andalas 2019 yang kali ini mengangkat tema “New Spirit to Compete and Achieve”. Acara Student Fair sendiri dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Universitas Andalas, Prof. Dr. Mansyurdin, MS, dimana dalam sambutannya beliau mengharapkan kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang perlombaan tapi juga menjadi ajang untuk mencari dan mengembangkan wawasan serta pemahaman dalam dunia sains.

Matex tahun ini diikuti oleh 15 tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Universitas Andalas, Universitas Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Bung Hatta, Universitas Dharma Andalas, dan STKIP PGRI Sumatera Barat. Pada Matex tahun ini, juara 1 direbut oleh tim dari Universitas Riau atas nama Verrel Rievaldo W dan M. Farhan Dinata, sedangkan juara 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Universitas Andalas atas nama Fadillah Nisa Uttaqi dan Annisa Fitri Nasia, serta Fauzana Lailaturrahmi dan M. Rafif Fajri.

Dalam Matex tahun ini juga diadakan Kuliah Umum tentang “Matematika Fuzzy dan Aplikasinya Kehidupan Nyata” dengan narasumber Dr. Admi Nazra yang merupakan salah satu dosen Jurusan Matematika Universitas Andalas. Selain dihadiri oleh peserta lomba Matex, kuliah umum ini juga diikuti oleh para dosen dan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang berasal dari Unand, UPI YPTK Padang, dan UBH. Kuliah umum ini mendapat antusias yang cukup tinggi dari para peserta, terbukti dengan alotnya pertanyaan tentang kasus-kasus fuzzy yang disampaikan peserta kepada narasumber pada sesi diskusi. [nanda]

Read 429 times