Himatika Unand Sukses Menggelar HGTS XIV

18 November 2019

HIMATIKA Goes to School, atau disingkat HGTS, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas. HGTS tahun ini diadakan pada hari Sabtu tanggal 16 November 2019 dan merupakan HGTS yang ke-14 dengan SMA N 3 Payakumbuh sebagai tuan rumah. Objek sasaran dari acara ini adalah siswa-siswi SMA/SMK/MAN se-derajat yang berada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumbar Wilayah IV, Asri Cun, M.Pd, membuka secara resmi kegiatan HGTS XIV di aula SMA Negeri 3 Payakumbuh. HGTS kali ini mengambil tema  “Capture Your Quality and Achievement with Mathematics” dan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, yaitu Mathematics Challenge, Lomba Cepat Tepat, Poster, Rangking 1, Photo Contest, Mie Mathic, Expo dan Seminar Umum. Adapun Seminar Umum mengangkat tema “Pro dan Kontra Kekerasan dalam Dunia Pendidikan” yang diikuti oleh puluhan guru dan siswa dengan narasumber Rinawati, S.IP, M.Si, yang merupakan manager dari Gugah Nurani Indonesia (GNI).

 

Ketua Jurusan beserta sejumlah staf dosen Jurusan Matematika FMIPA Unand turut hadir dalam HGTS XIV dan sekaligus menjadi juri pada cabang LCT dan Poster. Menurut Ketua Jurusan, Dr. Mahdhivan Syafwan, HGTS merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyakarat yang diangkat oleh mahasiswa dan didukung penuh oleh Jurusan Matematika FMIPA Unand. Beliau menambahkan bahwa HGTS ini sekaligus juga sebagai ajang promosi jurusan matematika dan sarana kreativitas mahasiswa dalam menghadirkan kegiatan bermatematika yang menarik bagi siswa. 

 

Acara HGTS XIV ditutup pada sore hari secara resmi oleh Kepala Sekolah SMAN 3 Payakumbuh, Dra. Nurhayati, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah dari masing-masing cabang lomba. Menurut Ketua Panitia, Rizky Prabowo (Matematika 2017), keseluruhan acara HGTS diikuti oleh 436 peserta. Rizky menambahkan bahwa peraih Juara 1 kategori Mathematics Challenge mendapatkan Golden Ticket untuk mengikuti Pekan Seni Bermatematika (PSB) XVI yang akan diadakan pada awal Februari 2020 nanti.  

 

Adapun pemenang HGTS XIV adalah sebagai berikut :

- Mathematics Challege

            Juara 1            : Agri Lesmana (SMAN 1 Payakumbuh)

            Juara 2            : Farrastha Hady (SMAN 1 Payakumbuh)

            Juara 3            : Rifka Khairunnisa Arrako (SMAN 2 Payakumbuh)

- Lomba Cepat Tepat

            Juara 1            : SMAN 1 Payakumbuh

            Juara 2            : MAN 2 Payakumbuh

            Juara 3            : MAN 2 Payakumbuh

            Harapan 1       : SMAN 1 Kec.Pangkalan Koto Baru

- Rangking 1   : Michael Ridwan (SMAN 1 Payakumbuh)

- Poster

            Terbaik           : Tessa Anggraini (SMAN 1 Kec.Suliki)

            Terfavorit        : Nadila Putri (SMAN 3 Payakumbuh)

- Photo Contest

            Terbaik           : Alif Alhazy (SMAN 1 Kec.Suliki)

            Mie Mathic       : Priski Febriandi (SMAN 3 Payakumbuh)

 

 

Read 159 times