Workshop Small Area Estimation

09 November 2019

Pendugaan langsung (direct estimation) yang dilakukan berdasarkan subpopulasi yang kecil memiliki presisi yang kurang memadai karena kecilnya jumlah contoh yang digunakan untuk memperoleh dugaan tersebut. Untuk mengatasi kendala tersebut, pendugaan area kecil adalah metode alternatif yang dapat digunakan. Metode pendugaan ini merupakan konsep terpenting dalam pendugaan parameter yang dilakukan secara tidak langsung di suatu area yang relatif kecil dalam percontohan survei. Metode pendugaannya digunakan untuk menduga karakteristik dari subpopulasi (domain yang lebih kecil).

Untuk memberikan wawasan dan pengalaman riset tentang hal di atas, Jurusan Matematika yang dimotori oleh KBK Statistika dan Teori Peluang mengadakan Workshop Small Area Estimation yang dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat tanggal 7 –8 November 2019 jam 8.00 – 16.00 di Ruang Rapat Jurusan Matematika. Narasumber dari workshop ini adalah Dr. Anang Kurnia, dosen pengajar di Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB). Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Departemen Statistika IPB dan pernah menjabat sebagai Ketua Forum Pendidikan Tinggi Statistika (Forstat) periode 2014 – 2016 dan 2016-2018. Forstat adalah sebuah organisasi yang mewadahi penyelenggaraan pendidikan tinggi statistika di Indonesia. Di tengah kesibukan sebagai pengajar dan Ketua Departemen, beliau sangat aktif melakukan penelitian terutama topik yang terkait dengan pendugaan pada area kecil.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa S2 dari Program Studi Matematika Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, STKIP PGRI Sumatera Barat dan Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh. Dalam kegiatan tersebut, peserta dibekali dengan konsep dasar, pengembangan dan kasus-kasus penerapan pendugaan area kecil. Dijelaskan juga pengolahan data dengan menggunakan R-Studio serta kemungkinan pengembangan penelitian yang dapat dilakukan terkait teknik pendugaan dengan metode ini. Kesempatan workshop ini digunakan oleh mahasiswa dan dosen yang telah dan sedang melakukan penelitian dengan pendugaan area kecil untuk berdiskusi mengenai kendala-kendala yang ditemui ketika melakukan penelitian yang dilakukan.

 

Read 217 times