Workshop Simulasi Tsunami

10 Desember 2019

Pada tanggal 6 Desember dan 9 Desember 2019, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas mengadakan Workshop dengan tema “Penelitian Matematika Terapan Tingkat PTN Se-Sumatera Barat : Theory and Numerical Simulations of Tsunami Problems”. Pembicara workshop ini adalah Prof. Masaji Watanabe, Profesor Emeritus dari Okayama University Japan dan saat ini menjadi Dosen tamu di Jurusan Matematika FMIPA Universtas Andalas.

Workshop yang dilaksanakan selama dua hari ini diadakan di Ruang Rapat Jurusan Matematika FMIPA Unand. Workshop tidak hanya diikuti oleh Dosen Jurusan Matematika Unand, tapi juga dihadiri oleh Dosen dari Fakultas Teknik Unand, dan Dosen dari beberapa PT yang ada di Padang, yaitu STKIP, Universitas Dharma Andalas, Universitas Bung Hatta dan Universitas Taman Siswa.

Sesuai dengan tema workshop, yaitu membahas tentang teori dan simulasi numerik untuk permasalahan tsunami, pada hari pertama Prof. Watanabe memberikan teori mengenai persamaan diferensial parsial dan beberapa penerapannya, khususnya yang berkaitan dengan masalah tsunami. Selanjutnya pada hari kedua peserta workshop diberikan dasar-dasar Program C dan mensimulasikan masalah tsunami dengan program tersebut.

 

 

Read 86 times