HIMATIKA UNAND KEMBALI MENGGELAR PEKAN SENI BERMATEMATIKA SE-INDONESIA

10 Februari 2020

Sebagai bentuk kepedulian dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa depan, Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Andalas (HIMATIKA UNAND) kembali mengadakan kegiatan tahunan Pekan Seni Bermatematika XVII (PSB XVII) Se-Indonesia pada tanggal 6 sampai 8 Februari 2020 dengan tema “Mathematics in Revolution”.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kecintaan generasi muda pada penerapan dan penalaran matematika, serta meningkatkan kreativitas siswa dan mahasiswa dalam penguasaan matematika,”  ujar Febri Aneza selaku Ketua Panitia kegiatan ini. Lebih lanjut Febri menjelaskan, pelaksanaan PSB XVII juga untuk mensosialisasikan dan meningkatkan peran matematika baik secara langsung maupun secara tidak langsung, guna meningkatkan SDM menyongsong era globalisasi.

Kegiatan PSB XVII dibuka oleh bapak  Dr. Tesri Maideliza M.S.,M.Sc selaku Wakil Dekan III FMIPA Universitas Andalas. Acara pembukaan berlangsung meriah di Auditorium Unand. Dalam PSB XVII ini terdapat berbagai rangkaian kegiatan, yaitu Seni Bermatematika, Lomba Cepat Tepat, Lomba Pemodelan Matematika, Lomba Artikel, Lomba Poster Aplikasi dan Handmade, Lomba Mading, Instagram’s Video, Photo Contest dan yang terbaru adalah Mathematics Dominoes.

Pada hari pertama dilaksanakan penyisihan Lomba Seni Bermatematika, Seminar Nasional, Penyisihan Lomba Cepat Tepat dan Penilaian Lomba Poster. Khusus Seminar Nasional diadakan di Convention Hall Universitas Andalas dan terbagi menjadi Seminar Umum dan Seminar Siswa. Seminar Umum dengan tema “Peranan Matematika dalam Merevolusi Era Digital” diikuti oleh guru, dosen dan mahasiswa dengan narasumber Prof. Dr. Syafrizal Sy selaku Dosen Matematika Universitas Andalas dan Roza Ria Indah, S.Si selaku data scientist di PT. eBdesk Technology, alumni S1 Matematika Unand angkatan 2011. Sedangkan Seminar Siswa dengan tema  “Peranan Matematika di Era Milenial” disampaikan oleh Dr. Susila Bahri selaku Dosen Matematika FMIPA Universitas Andalas.

Selanjutnya pada hari kedua diadakan penyisihan Lomba Cepat Tepat dan Mading, Repost Photo Contest, Semifinal Lomba Cepat Tepat, Semifinal Lomba Seni Bermatematika, Final I Lomba Seni Bermatematika, dan Pemodelan SMA. Pada hari terakhir diadakan Penilaian Like Photo Contest, Final II Lomba Seni Bermatematika, Final Lomba Cepat Tepat, dan Pemodelan Mahasiswa.

Acara PSB XVII resmi ditutup pada pukul 14.30 WIB tanggal 9 Februari 2020 yang dimeriahkan dengan persembahan oleh HIMATIKA UNAND berupa tari nusantara dan pemberian hadiah kepada para pemenang. Tercatat total peserta PSB tahun ini mencapai 841 orang.

Adapun untuk juara umum pemenang dari lomba PSB XVII tahun ini diraih oleh SMP IT Arrisalah Padang, sedangkan untuk kategori lomba lainnya dirincikan sebagai berikut :

  • Juara Umum Lomba PSB XVII tingkat SMA Se-Indonesia diraih oleh SMA N 1 Padang Panjang.
  • Juara Umum Lomba PSB XVII tingkat SMP Se-Indonesia diraih oleh SMP IT Arrisalah Padang.
  • Juara 1 Seni Bermatematika tingkat SMP: MUHAMMAD HARISUL HAQ dari SMP IT Arrisalah Padang
  • Juara 1 Seni Bermatematika tingkat SMA: GIAN LUKY SAPUTRAdari SMA Negeri 1 Padang Panjang.
  • Juara 1 Lomba Cepat Tepat tingkat SMP: Tim SMP Negeri 8 Padang
  • Juara 1 Lomba Cepat Tepat tingkat SMA: Tim SMA Negeri Agam Cendekia
  • Juara 1 Lomba Pemodelan Matematika tingkat SMA sederajat : Tim SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti
  • Juara 1 Lomba Pemodelan Matematika tingkat Pemodelan Matematika Mahasiswa : Tim Universitas Andalas.
  • Pemenang Lomba Mathematics Dominoes : MUHAMMAD RAYHAN YANUARdari SMA Negeri 3 Batusangkar dan KEISHA RIZKA SYOFYANI dari SMP N 4 Bukittnggi
  • Lomba Mading terbaik dan terfavorit : Tim MTs Negeri 3 Kabupaten 50 Kota dan Tim SMP Negeri 30 Padang, TIM SMA N 1 Sijunjung.
  • Pemenang Poster Aplikasi terbaik dan terfavorit : ALDHI RAQHISWANDARI dari SMA Negeri 3 Painan dan SYAFIQAH HERYANDA PUTRIdari SMP IT Nurul Ilmi Jambi
  • Pemenang Poster handamade terbaik dan terfavorit : HURYAH NUR HALIMAH  darri SMP Dar El Iman Islamic Padang dan SYAH ANDRO VISCOTdari SMA Negeri 3 Padang Panjang
  • Pemenang Instagram Video : LAURENCIA KRISNA HAREFA dari SMA Katolik Xaverius Padang
  • Pemenang Photo Contest : RAIF HILMI dari MAN 2 Tanah Datar
  • Pemenang Lomba Artikel : ANJAR FIRSTANDY FADHLURRAHMAN  dari SMA Negeri 1 Kubung

Pemberian hadiah berupa Piala Bergilir Menteri Pendidikan diberikan oleh ibu Reno Rahmi, M.Pd, sebagai Perwakilan dari Dinas Pendidikan Sumatera Barat, kepada juara umum PSB XVII se-Indonesia, sedangkan Piala bergilir Gubernur Sumatera Barat diberikan kepada pemenang juara 1 Lomba Seni Bermatematika. Sebagai bentuk apresiasi, Juara 1 lomba Seni Bermatematika SMA dapat diusulkan diterima di Jurusan Matematika Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN. Hal ini disampaikan oleh Dr. Mahdhivan Syafwan selaku Ketua Jurusan Matematika.

Pada acara penutupan, Afriani Helka Putri seorang Siswa SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti mengapresiasi panitia lomba PSB XVII dengan mengatakan “Kegiatan ini sangat berkesan bagi saya dan teman-teman. Melalui kegiatan ini banyak hal positif yang kami dapatkan, terutama perihal berteman. Apalagi bagi kami yang berasal dari sekolah pelosok. Karena, mungkin sebagian orang yang berada di Auditorium Universitas Andalas ini banyak yang tidak mengenal sekolah kami. Tetapi berkat kegiatan ini, kami yang berasal dari sekolah pelosok bisa dikenal oleh orang-orang. Harapannya dari kegiatan ini, semoga kegiatan ini lebih baik kedepannya dan cabang lomba yang diadakan semakin banyak serta yang terpenting pada kegiatan ini terdapat bonus untuk pemenang Seni Bermatematika agar mudah memasuki kampus UNAND, khususnya Jurusan Matematika Fakultas FMIPA UNAND”.

Lebih lanjut Febri selaku Ketua Panitia PSB XVII dalam penutupan menyampaikan, “Terimakasih kepada semua peserta yang telah mengikuti acara PSB XVII, pihak yang telah membantu serta rekan-rekan panitia PSB XVII atas bantuan dan semangatnya yang luar biasa sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan mohon maaf jika kami selaku panitia melakukan kesalahan dalam menyelenggarakan acara PSB XVII. Sampai jumpa di Pekan Seni Bematematika XVIII”.

 

Dokumentasi:

 

Read 365 times