Konsolidasi Ikahimatika dan Talkshow PKM

13 Oktober 2017

Konsolidasi Ikahimatika (Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika) wilayah I subwilayah 3 telah berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 7-8 Oktober 2017 di Universitas Andalas. Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi-delegasi dari universitas se-Sumatera Barat, yaitu IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UMMY Solok, UNP, UIN Imam Bonjol, STKIP Ahlusunah, STKIP YDB Lubuk Alung, UBH dan tuan rumah Unand.

Pada hari pertama, acara konsolidasi dilaksanakan di mess UNAND. Setelah dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Matematika Univesitas Andalas, Dr. Mahdhivan Syafwan, acara dilanjutkan dengan rapat yang membahas program kerja, Matex (Mathematics Exhibition) dan Muswil (Musyawarah Wilayah). Rapat dipimpin langsung oleh Koordinator Wilayah I Subwilayah 3 Ikahimatika, Agung Alvian Noor, mahasiswa matematika Unand. Selesai rapat, para delegasi mengikuti field trip ke Lubuk Minturun, Padang. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya membangun kekeluargaan antar delegasi. Namun kegiatan ini dihentikan karena cuaca yang tidak mendukung, sehingga para delegasi yang telah sampai di lokasi kembali ke Mess Unand. Kegiatan konsolidasi di hari pertama selanjutnya diakhiri pada malamnya dengan acara keakraban. 

Pada hari kedua, kegiatan konsolidasi dilanjutkan dengan acara bincang hangat seputar PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) di Plaza FMIPA Unand. Kegiatan ini dihadiri oleh para delegasi, mahasiswa matematika Unand dan perwakilan lembaga kemahasiswaan FMIPA Unand. Yang bertindak sebagai narasumber dalam talkshow ini adalah Dr. Mahdhivan Syafwan dan dimoderatori oleh Agung Alvian Noor. Bapak Mahdhivan sendiri pernah menjadi dosen pendamping bagi tim PKM matematika Unand yang proposalnya berhasil didanai Dikti tahun 2015 untuk skema penelitian dan tahun 2016 untuk skema pengabdian masyarakat. Talkshow ini secara khusus diadakan untuk mahasiswa matematika sebagai upaya untuk memberikan pencerahan dan motivasi agar mahasiswa matematika juga dapat berperan aktif dalam kompetisi bergengsi ini. "Selama ini masih sedikit proposal PKM dengan topik matematika yang berhasil didanai, padahal cukup banyak sebetulnya ide-ide matematika yang menarik dan bermanfaat yang dapat dijadikan topik proposal PKM. Hanya saja mahasiswa matematika belum terlalu terbiasa dalam penulisan dan penelitian matematika dengan tema-tema aplikatif lintas bidang", ujar narasumber. Talkshow ini diikuti dengan cukup antusias oleh para peserta yang menanyakan beberapa pertanyaan teknis dalam sesi diskusi. 

Setelah acara talkshow selesai, kegiatan konsolidasi Ikahimatika pada hari kedua dilanjutkan dengan penutupan dan sesi foto bersama serta tukar kado antar delegasi. (Izzatur)

Read 147 times