Nata de Linn, Produk Makanan Sehat Menyegarkan Hasil Kreativitas Mahasiswa Matematika Unand

02 Juli 2018

Binahong (bahasa Latin: Bassela rubra linn) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi yang mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit. Air rebusan daun binahong memiliki rasa yang hambar sehingga kurang diminati untuk dikonsumsi. Namun, di tangan kelima mahasiswa Unand ini, binahong disulap menjadi Nata de Linn.

Nata de Linn merupakan hasil kreativitas tim mahasiswa Unand yang terdiri dari empat orang dari dan satu orang dari jurusan kimia. Mereka ikut serta dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) yang berhasil lolos dan didanai oleh Kemenristekdikti dengan judul “ NATA DE LINN:  MAKANAN SEHAT BERDESAIN GEOMETRIS MATEMATIS SEBAGAI OBAT PENCEGAH BERBAGAI PENYAKIT”.

Nata de Linn layaknya seperti Nata de Coco, namun Nata de Linn diolah dari air rebusan daun binahong yang kaya manfaat. Selain itu, ada yang berbeda dengan Nata de Linn. Di tangan kreatif para mahasiswa ini, Nata de Linn disulap dengan varian rasa yang enak dengan bentuk yang menarik tanpa mengurangi khasiat dari daun binahong itu sendiri. Nata de Linn memiliki varian rasa seperti leci, melon, pandan, dan durian dengan bentuk yang berdesain geometris matematis seperti prisma, limas, kubus, dan balok sebagai nilai tambah produk dalam bentuk memasyarakatkan dunia matematika. Selain itu, Nata de Linn dipasarkan dengan harga yang terjangkau yaitu Rp.2000,00, Rp.5000,00, dan Rp.10000,00.

Pada Sabtu (30/6) lalu, tim mahasiswa yang dibimbing oleh Bapak Efendi,M.Si (dosen Matematika Unand) ini mempromosikan Nata de Linn pada saat pergelaran Wisuda II Unand di lingkungan FMIPA. Masyarakat dan mahasiswa sangat antusias menyambut produk inovatif tersebut. “Nata de Linn ini enak, segar, dan bentuknya menarik. Selain itu juga dapat mengobati berbagai penyakit, sehingga saya tertarik untuk mengkonsumsi Nata de Linn ini ke depannya”, ujar Irham, salah seorang mahasiswa yang hadir pada acara wisuda tersebut. .

Menurut Lolita, selaku ketua tim PKMK, dengan adanya Nata de Linn ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengobati berbagai penyakit ringan maupun berat. Selain itu juga diharapkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dengan memperkenalkan bentuk geometris matematis kepada khalayak umum terutama anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Kedepannya Lolita dan tim berharap agar usaha ini dapat berkembang dengan dijadikan sebagai lapangan usaha setelah lulus nanti.

 

Read 1132 times