Kuliah Tamu tentang Peranan Matematika dalam Bidang Life Science

30 November 2017

Pada hari Senin tanggal 27 November 2017, Jurusan Matematika Unand melaksanakan kuliah tamu dengan narasumber Dr. Alhadi Bustamam, dosen Matematika Universitas Indonesia (UI). Tema yang disampaikan pada kuliah tamu kali ini adalah “Peran Penting Matematika dan Statistika dalam Pengembangan dan Terapan Interdisiplin dan Bioinformatika dalam bidang Life Science”. Pelaksanaan kuliah tamu bertempat di Plaza FMIPA Unand dan berlangsung dari pukul 13.30 sampai pukul 15.30 WIB.

Kuliah tamu dihadiri oleh dosen-dosen serta mahasiswa S1 dan S2 Jurusan Matematika Unand, dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan, Dr. Mahdhivan Syafwan. Dengan dimoderatori oleh Dr. Admi Nazra, narasumber terlebih dahulu memberi pengantar tentang perkembangan terkini life science dan peranan penting matematika dan statistika di dalamnya, khususnya dalam bidang bioinformatika, data sains dan aktuaria. Narasumber yang juga merupakan Ketua Departemen Matematika UI ini menambahkan bahwa kebutuhan SDM dalam bidang life science sangat besar, sehingga peluang kerja bagi lulusan matematika pun terbuka sangat lebar dalam bidang ini. Paparan kuliah tamu oleh Dr. Alhadi Bustamam dilanjutkan dengan penjelasan tentang hasil-hasil penelitian seputar bioinfomatika yang dilakukan oleh beliau dan tim bersama mahasiswa S1 dan S2 di UI.

Kuliah tamu selanjutnya diisi dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber, kemudian diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber serta ditutup dengan sesi foto bersama. Diharapkan kuliah tamu ini dapat membuka wawasan baru kepada seluruh peserta serta berbagi pengalaman narasumber dalam melakukan penelitian dan menjalin kerjasama dengan industri dan instansi terkait. (Rici)

Read 150 times