Kuliah Tamu tentang Matematika Keuangan

26 Desember 2017

Di penghujung akhir tahun, tepatnya pada hari Senin tanggal 18 Desember 2017, Jurusan Matematika Unand melaksanakan kuliah tamu dalam bentuk Lectures Series on Financial Mathematics dengan narasumber Ibu Novriana Sumarti, Ph.D dan Bapak Dr. Kuntjoro Adji Sidarto yang keduanya merupakan dosen Matematika ITB. Pelaksanaan Kuliah Tamu bertempat di Ruang Seminar Jurusan Matematika UNAND dan dimulai dari pukul 08.30 sampai pukul 12.30 WIB.

Meskipun diadakan ketika kegiatan perkuliahan dan UAS telah selesai, kuliah tamu tetap ramai dihadiri oleh mahasiswa, alumni, dan dosen-dosen matematika serta beberapa dosen di luar matematika, seperti dosen FE UNAND, teknik siipil UNAND dan widyaiswara Kemenag. Bahkan ada juga peserta dosen dari IAIN Bukittinggi. Yang bertindak sebagai MC adalah Dr. Lyra Yulianti, sedangkan moderator dibawakan oleh Dr. Ferra Yanuar. Kuliah tamu diawali dengan sambutan dari Ketua Jurusan, Dr. Mahdhivan Syafwan.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Novriana Sumarti, Ph.D yang membahas topik tentang Matematika Keuangan Syariah. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Novriana menjelaskan terlebih dahulu tentang sejarah perkembangan dan konsep dasar matematika keuangan secara umum, kemudian dilanjutkan dengan beberapa konsep keuangan perbankan syariah, seperti  Al Wadiah (Titipan), Mudharabah (Bagi Hasil), Musyawarah (Kongsi), Murabahah (Jual Beli), Salam dan Ishtishna, Al-Qardh (Pinjaman), Ijarah (sewa) aktiva berwujud dan tak berwujud, Hiwalah (Pengalihan Utang), Wakalah (Perlindungan) dan Kafalah (Jaminan).

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Kuntjoro Adji Sidarto dengan tema Optimisasi Menggunakan Metode Spiral. Bapak Kuntjoro memulai presentasinya dengan membahas secara umum tentang optimisasi heuristic, kemudian membahas secara spesifik tentang metode spiral. Pembahasan tentang metode spiral dilanjutkan dengan beberapa contoh penerapan pada bidang teknik, keuangan, dan olahraga. .

Penyampaian kedua materi juga diikuti dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Acara kuliah tamu kemudian diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada kedua narasumber oleh Wakil Rektor II, Prof. Dr. Syafrizal Sy serta ditutup dengan sesi foto bersama. (Rici)

Read 233 times