14 November 2022

Enam orang mahasiswa Prodi S1 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data Universitas Andalas (UNAND) berhasil lolos ke babak semifinal Sanata Dharma Calculus League (SaDharCalL) ke 4 tahun 2022. Enam orang mahasiswa tersebut tergabung dalam tiga tim, yaitu Rizki Ladipa YM dan Ahmad Al Capone, Ridho Saputra dan Robi Maulana Butar-Butar, serta Sofiana Wudlu dan Ridwan Prawira Yunaldi. Seleksi awal kompetisi nasional ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 5 November 2022, di mana sebanyak 26 tim berhasil lolos ke babak semifinal. Babak semifinal SaDharCalL 2022 diadakan secara luring di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 12 November 2022.

 Meskipun belum berhasil membawa pulang piala sebagai juara, namun peserta SaDharCalL 2022 Prodi S1 Matematika UNAND merasa beruntung dapat berpartisipasi sebagai semifinalis serta semakin termotivasi untuk berkompetisi di tahun berikutnya. Hal ini dikarenakan tahun ini merupakan tahun pertama mahasiswa Prodi S1 Matematika UNAND berhasil lolos sebagai semifinalis dan berharap tahun berikutnya mampu membawa pulang piala pada kompetisi ini. SaDharCalL merupakan kompetisi Kalkulus ditingkat perguruan tinggi yang sudah terlaksana selama empat tahun berturut-turut. Pada tahun 2021 kompetisi ini dilaksanakan secara daring untuk setiap babak, dan mahasiswa Prodi S1 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data belum berhasil lolos ke babak semifinal. Pembina Perlombaan Departemen Matematika dan Sains Data menyatakan bahwa diharapkan mahasiswa Prodi S1 Matematika UNAND mendapatkan pengalaman berkompetisi secara langsung dengan rekan mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia di bidang kalkulus, yang merupakan bidang dasar yang harus dikuasai oleh semua mahasiswa Matematika. Selanjutnya di tahun mendatang diharapkan mahasiswa Prodi S1 Matematika UNAND yang ikut berkompetisi dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang dan lebih baik, agar dapat membawa gelar juara.

14 November 2022

Program Studi S2 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data mengadakan Konsinyering Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Prodi S2 Matematika pada hari Rabu, 23 November 2022 di Hotel Santika Premiere Padang. Konsinyering ini menghadirkan Bapak Ir. Denny Helard, Ph.D yang merupakan salah seorang dosen Departemen Tehnik Lingkungan Universitas Andalas. Bapak Ir. Denny Herald memaparkan bahwa kurikulum OBE merupakan kurikulum yang berbasis perbaikan yang berkesinambungan. Prodi S2 Matematika harus selalu melakukan perbaikan kurikulum dengan mengacu pada profil lulusan yang diharapkan mampu dihasilkan dari proses pembelajaran di Prodi S2 Matematika Universitas Andalas (UNAND).

Profil lulusan Prodi S2 Matematika sebaiknya disusun dengan memperhatikan kebutuhan dunia terhadap lulusan Magister Matematika saat ini, di mana kebutuhan tersebut dapat disaring melalui pertemuan dan diskusi antara Prodi S2 Matematika dengan alumni dan stake holder. Selain itu, hasil diskusi selanjutnya disesuaikan dengan visi dan misi Prodi S2 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data. Bapak Ir. Denny Helard, Ph.D juga menambahkan bahwa perlu dibentuknya suatu tim yang disebut dengan Advisory Committee yang beranggotakan semua pimpinan stake holder yang merupakan pengguna lulusan Prodi S2 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data. Konsinyering ini diharapkan mampu meningkatkan profil lulusan Prodi S2 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data Universitas Andalas dikemudian hari melalui perbaikan kurikulum pembelajaran secara berkesinambungan.

 

 

14 November 2022

Mahasiswa Departemen Matematika dan Sains Data angkatan 2020, Izzati Fulqi berhasil meraih Juara Ketiga pada Lomba Desain Grafis yang diadakan oleh Universitas Negeri Padang dalam rangkaian acara Ragam Budaya 2022 dengan tema “Merajut Keberagaman Budaya dalam Nuansa Pendidikan Indonesia”. Lomba tersebut diadakan sejak 18 Agustus – 18 Oktober 2022, di mana diakhir penilaian para finalis akan mempresentasikan hasil karya yang mereka sajikan di Universitas Negeri Padang. Poster yang didesain oleh Zati mengangkat tema “Ragam Budaya dan Karakter Bangsaku”.

Selanjutnya, pada tanggal 15 Agustus – 11 November 2022, Izzati Fulqi membentuk tim bersama Miya Qarlina untuk kembali mengikuti Partam Poster Competition, yang diadakan oleh Universitas Sriwijaya. Lomba yang mengangkat tema “Penerapan Good Mining Practice (GMP) Pertambangan Indonesia dalam menghadapi Era Society 5.0” menganugerahi Zati dan Miya sebagai Juara Ketiga dengan tema poster yang disajikan tim adalah “Pemanfaatan Drone di Industri Pertambangan 5.0”.

Kedua lomba yang diikuti oleh mahasiswa Departemen Matematika dan Sains Data tersebut merupakan lomba tingkat nasional, dan merupakan kebanggaan yang sangat besar atas kesuksesan individu dan tim dalam meraih gelar juara. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa Departemen Matematika dan Sains Data tidak hanya mampu menorehkan prestasi dalam kompetisi Matematika, juga mampu berprestasi dalam kompetisi diluar disiplin ilmu Matematika. Seluruh Civitas Academica Departemen Matematika dan Sains Data mengucapkan selamat dan berkah kepada Zati dan Miya. Semoga dikemudian hari keduanya mampu mengumpulkan sebanyak-banyaknya prestasi.

 

 

10 Oktober 2022

Departemen Matematika dan Sains Data bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melepas satu orang mahasiswa Departemen Matematika dan Sains Data untuk melaksanakan program Credit Earning di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) selama satu semester. Salsabila Aurellia merupakan mahasiswa angkatan 2019 Departemen Matematika dan Sains Data yang mengikuti program Credit Earning tahun 2022 yang diadakan oleh Universitas Andalas, di mana program ini merupakan salah satu program MBKM Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Credit Earning merupakan sebuah program pengampuan mata kuliah tertentu secara terstruktur di Perguruan Tinggi (PT) yang dituju, dimana jumlah sks maka kuliah yang diperoleh nantinya dapat diakui dan disetarakan pada mata kuliah tertentu di PT penyelenggara.

Pelepasan Salsabila Aurellia ke Universiti Teknologi Malaysia dilaksanakan di Dekanat FMIPA, yang dihadiri oleh Bapak Dekan FMIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng, Bapak Wakil Dekan 1 FMIPA, Dr. Mahdhivan Syafwan, Ibu Ketua Departemen Matematika dan Sains Data, Dr. Yanita, dan Ibu Ketua Program Studi S1 Matematika, Dr. Arrival Rince Putri. Ibu Ketua Departemen Matematika dan Sains Data berpesan kepada Salsabila Aurellia “Rajin-rajin dalam menempuh pembelajaran di UTM, baik pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas.” Seluruh Civitas Academica mengucapkan “Selamat dan semoga sukses kepada Salsabila Aurellia. Semoga Salsabila dapat memperoleh segala pengalaman dan ilmu terbaik dalam satu semester yang ditempuh di UTM.”

17 September 2022

Departemen Matematika dan Sains Data, melalui mata kuliah Kewirausahaan melaksanakan kuliah tamu pada hari Jum’at 16 September 2022. Pada kuliah tamu ini, selain Kak Tika juga ada Kak Angel yang membahas tentang: Bagaimana sociopreneur menerapkan pendekatan sosial dalam bisnisnya? Apakah Sociopreneur juga berarti Social Activity? Apakah itu berarti seorang sociopreneur seperti lembaga non profit?

Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat sosial sangat ditunggu perannya. Karena itu, mahasiswa mata kuliah kewirausahaan perlu mengenal sociopreneurship. Sociopreneur adalah individu yang berusaha memecahkan masalah sosial dengan pendekatan wirausaha. Dalam pengertian lain, sociopreneur adalah seseorang yang mendirikan bisnis untuk misi kemanfaatan sosial. Tujuan inilah yang membedakan sociopreneur dengan wirausaha pada umumnya. Umumnya sociopreneur memiliki kepekaan sosial yang tinggi sehingga mereka merasakan keresahan ketika melihat ada masalah sosial yang dialami masyarakat dan terpicu untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

18 September 2022

Sabtu, 17 September 2022 mahasiswa mata kuliah kewirausahaan Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA Universitas Andalas tahun 2022 menyelenggarakan webinar kewirausahaan dengan tema “Meretas Bakat Bisnis Digital Bagi Wirausaha Muda”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini merupakan bentuk project mata kuliah kewirausahaan yang bertujuan untuk melatih skill mahasiswa untuk dapat aktif, terampil serta komunikatif. Webinar pekan satu kali ini terbatas untuk 100 peserta yang diikuti oleh mahasiswa matematika dan dosen.

Kegiatan ini ikut dihadiri oleh Ibu Dr.Yanita selaku Kepala Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA Unand dan dibuka secara langsung oleh Bapak Budi Rudianto M.Si selaku dosen pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan. Webinar yang mengangkat tema bisnis digital disajikan menarik oleh pemateri yang kompeten di bidangnya yaitu saudara Yaumil Fajri selaku Co-Founder & CEO APPSKEP Indonesia dan saudari Aidilla Darmawahyuni selaku Fasilitator Google Gapura Digital &  Womenwill Padang.

Kurang lebih tiga jam, peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan difasilitasi forum diskusi terkait bisnis digital yang saat ini sedang menjadi topik hangat dikalangan wirausaha muda, hal inilah yang menjadi alas an utama diangkatnya tema bisnis digital dalam webinar kewirausahaan kali ini. Dengan adanya webinar ini, mahasiswa selaku generasi muda dituntun untuk mampu membuka wawasan serta beradaptasi dengan dunia digitalisasi.