15 Februari 2024

Pada hari Kamis, 15 Februari 2024 pukul 10:30 – 14.00 WIB program studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan pertemuan antara perwakilan dosen program studi Matematika dengan mitra Departemen Matematika dan Sains Data. Agenda ini dilaksanakan demi memenuhi kebutuhan program studi Matematika FMIPA UNAND akan saran dan masukan mitra, agar kurikulum semakin baik kedepannya. Pertemuan yang bertemakan “FGD Sosialisasi Visi-Misi-Tujuan dan Kurikulum Prodi S1, S2, S3 Matematika dengan Mitra” dihadiri oleh beberapa orang perwakilan dosen program studi Matematika FMIPA UNAND dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari mitra. Pertemuan ini dipandu oleh Kaprodi S1 jurusan Matematika FMIPA UNAND, yaitu Ibu Dr. Noverina Alfiany, serta dibuka oleh Ibu Dr. Yanita selaku Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNAND. Setelah paparan singkat oleh Ibu Kaprodi S1 mengenai tujuan diadakannya FGD, serta alasan kebutuhan saran dan masukan dari mitra, pertemuan dilanjutkan dengan penyampaian sosialisasi dan pemaparan kurikulum Prodi S1 Matematika oleh Ibu Dr. Arrival Rince Putri. Lalu, pemaparan dan sosialiasi kurikulum OBE Prodi S2 Matematika oleh Ibu Dr. Ferra Yanuar, serta sosialisai dan pemaparan kurikulum OBE Prodi S3 oleh Prof. Dr. Admi Nazra, dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara dosen dengan mitra.

Beberapa perwakilan dari yang hadir pada FGD ini diantaranya, yaitu Kepala Sektor Sumber Daya Lima Puluh Kota Regency Hj. Flora Prima Syntha, SE, M.Si, M.Sc., PT. Semen Padang Bagian Padang Ir. Juke Ismara, M.Sc., Ketua Sektor Perencanaan, Data, Kontrol, dan Evaluasi Kab. Lima Puluh Kota Syofyan Hendri, S.Si, M.SE., Kepala Sekretariat Bawaslu Padang Pariaman Baiq Nila Ulfaini, S.Sos, MPA., Wa. Rek. Universitas Dharma Andalas Dr. Tesri Maideliza, Peneliti di BMKG Indonesia Robi Muharsyah, M.Sc., Ketua Departemen MIPA Fakultas Sains dan Teknologi Univ. Jambi Dr. Yusnaidar, S.Si, M.Si., Pimpinan PT Juara Angga Putra Jayani, S.Si., Calon Anggota Legislatif 2024 Hardes Swastika, M.Si., Ketua STITEKNAS Jambi Dr. Agus Subagyo, M.Si.

Masukan dan saran serta pertanyaan yang diberikan oleh mitra sangat beragam, dikarenakan sebaran sektor pekerjaan perwakilan mitra yang juga beragam. Namun, inti dari semua saran dan masukkan yang masuk adalah menambahkan mata kuliah yang berkaitan dengan programming advance. Dikarenakan pada era revolusi industri 4.0 kebutuhan akan programming sangat diperlukan. Sehingga, nantinya mahasiswa diharapkan sudah mampu akan pengetahuan programming yang sesuai dengan kebutuhan industri.

25 Februari 2024

Salah satu kegiatan tahunan yang diikuti Mahasiswa Departemen Matematika dan Sains Data ialah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program ini merupakan wahana penyaluran dan peningkatan Kreativitas mahasiswa. Salah satu bidang PKM yang diikuti mahasiwa DMSD adalah PKM-RE yang bergerak di bidang riset eksakta.

Kegiatan ini diawali dengan pembuatan proposal masing-masing tim yang selanjutnya diseleksi di tingkat fakultas. Proposal yang dinyatakan lolos tingkat fakultas diseleksi kembali di tingkat universitas. Pada seleksi ini, 24 proposal mahasiswa S1 matematika DMSD dinyatakan lolos. Berikut daftar tim PKM-RE dengan ketua mahasiswa DMSD yang dinyatakan lolos tingkat UNAND :

No

Nama Ketua Tim Pengusul

NIM Ketua Tim Pengusul

Judul Riset

Dosen Pendamping

1

Hazem Hawari

2210433043

Analisis Pemenuhan Nutrisi Mahasiswa Sumatera Barat  Sebagai Upaya Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Diabetes, dan Obesitas pada Generasi-Z

Dr. Noverina Alfiany

2

Nanda Ardani Hidayatullah

2210433016

Analisa Daya Tampung dan Pemilihan Shelter Tsunami bagi Masyarakat di Wilayah Pesisir Pantai Sumatera sebagai Perencanaan Mitigasi Bencana

Monika Rianti Helmi, M.Si

3

Rifka Khoirunnisa Armako

2210431006

Model Penyebaran Isu Pemilihan Umum Untuk Menganalisis Simulasinya Pada Pemilih Pemula

Dr. Noverina Alfiany

4

Ahmad Al Capone

2110432020

Algoritma Dijkstra Sebagai Alternatif Penentuan Jalur Evakuasi Terbaik Bencana Gunung Marapi Sumatera Barat

Prof. Dr. Syafrizal Sy

5

Dehan Rizkiandira

2110432028

Peramalan Kualitas Udara di Kawasan Industri Kota Padang dengan Vector Autoregressive sebagai Peringatan Dini Polusi Udara bagi Masyarakat Sekitar

Mawanda Almuhayar, M.Sc.

6

Fadhlan Hadi Jamil

2110433001

Optimasi Proses Daur Ulang Sampah Organik Pada TPA Air Dingin Kota Padang Dengan Metode Program Linier Untuk Kesehatan Masyarakat Di Lingkungan Sekitar

7

Ghina Arnifal

2110431019

Pemodelan Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental dengan Analisis Korelasi Kanonik untuk Meminimalisir Gangguan Mental pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang

Mawanda Almuhayar, M.Sc.

8

Muhammad Farhan Bunayya

2110432012

Analisis Dinamika Kecanduan Rokok Pada Mahasiswa Matematika Unand Menggunakan Pendekatan Model SIR dan Strategi Pencegahannya

9

Puti Yulisa Yeni

2110432039

Analisis Model Pengaruh Pertumbuhan Video Berdurasi Pendek terhadap Penurunan Daya Konsentrasi Remaja di Sumatera Barat

10

Ridwan Prawira Yunaldi

2110432021

Estimasi Produksi Padi di Kota Padang dengan Regresi Data Panel Least Absolute Shrinkage and Selection Operator Sebagai Perencanaan Pasokan Pangan

Mawanda Almuhayar, M. Sc

11

Safirda Cahya Utami

2110432003

Perangkingan KBK yang Paling Diminati Mahasiswa Departemen Matematika dan Sains Data Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto di Universitas Andalas

Prof. Dr. Admi Nazra

12

Sandi

2110431012

Optimasi Pemeliharaan dan Budidaya Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis) untuk Konservasi di Danau Singkarak

13

Selvi Sri Aulia Sari

2110431021

Prediksi tingkat kesehatan masyarakat Sumatera Barat menggunakan Autoregressive Integrated Moving Average Model (ARIMA)

Prof.Dr.Ferra Yanuar, M.Sc

14

Shofia Rahmah

2110437001

Pemodelan Matematika Menentukan Kadar Air Optimal pada Pertumbuhan Biji Kacang Hijau Menggunakan Metode Interpolasi Spline

15

Syifa Aulia Rahma Syaidine

2110433023

Pemodelan Penyebab Munculnya Gangguan Kesehatan Mental Menggunakan Regresi Logistik Biner sebagai Upaya Pencegahan dan Intervensi pada Pemuda di Kota Padang

Bapak Mawanda Almuhayar, M. Sc

16

Ummu Salamah

2110432031

Analisis Optimasi Pola Konsumsi Kopi Terhadap Kejadian Gastritis Dengan Menggunakan Liniear Programming Pada Mahasiswa

Dr. Admi Nazra, M.Si, M.Sc

17

Wan Aisyah Noor Ikhsanty

2110432033

Prediksi Tingkat Kriminalitas dan Klaster Daerah Rawan Kejahatan Guna Menekan Angka Kriminalitas di Medan Menggunakan Fuzzy Logic Mamdani dan C-Mean

Dr. Admi Nazra, M.Si, M Sc

18

Fikry Mardani

2010432010

Pengembangan Model Matematika Optimalisasi Zakat Sebagai Upaya Mengurangi Kemiskinan: studi kasus di Sumatera Barat

19

Manisya Bulandari

2010433010

Penentuan Efektif Harga Opsi Saham Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Aksesibilitas Investasi Masyarakat

20

Nurul Hanifa

2010432015

Model Penduga Dalam Menaksir Kerugian Akibat Erupsi Gunung Marapi Terhadap Sektor Pertanian Sebagai Upaya Pemulihan Lahan di Sumatera Barat

Dr. Maiyastri

21

Nurul Shalihah Arnof

2010432025

Aplikasi Metode Homotopy Perturbasi dalam Menyelesaikan Persamaan Black-Scholes untuk Evaluasi Opsi Keuangan

22

Qadriy Nasywa

2010432013

Analisis Potensi Kecurangan Hasil Pemilu di Indonesia dengan Menggunakan Aturan Benford

23

Ridho Saputra

2010431003

Model Time Series Dengan Efek Long Short-Term Memory Untuk Pendugaan Emisi Gas Rumah Kaca Di Indonesia

Dr. Dodi Devianto

24

Yosin Rasyidayasu

2010432026

Pemodelan Matematika Dinamika Penutur Bahasa Minang dalam Sosial Masyarakat Sumatera Barat Sebagai Upaya Pelestarian Bahasa Daerah

Dr. Mahdhivan Syafwan, S.Si

Tim yang dinyatakan lolos tingkat UNAND ini akan melakukan coaching dengan tim reviwer UNAND agar proposalnya dapat direvisi kembali apabila masih terdapat kesalahan. Selanjutnya proposal yang sudah direvisi akan diunggah ke Simbelmawa untuk diseleksi kembali di tingkat nasional. Diharapkan proposal mahasiswa DMSD yang akan diunggah nantinya dapat lolos pendanaan untuk melakukan riset yang telah direncanakan.

Dengan adanya program ini hendaknya dapat menumbuhkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan riset, serta menghasilkan riset yang berkualitas dan berpotensi untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Selain itu, hasil riset juga diharapkan dapat menghasilkan paten yang bermanfaat baik bagi masyarakat akademik maupun masyarakat luas.

29 Februari 2024

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2024

Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini dapat mengasah kemampuan akademik mahasiswa di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, menguji peserta dalam pemahaman konsep-konsep sains yang kompleks, menunjukkan kemampuan analitis yang tinggi serta kreativitas dalam memecahkan berbagai macam persoalan yang diberikan.

Tahapan pertama dari ajang kompetisi ini adalah seleksi tingkat perguruan tinggi. Pada hari Sabtu, 17 Februari 2024, Universitas Andalas telah mengadakan seleksi secara luring untuk memperoleh lima mahasiswa terbaik dari setiap bidang lomba yang akan melanjutkan kompetisi ini ke tingkat wilayah. Universitas Andalas sendiri merupakan bagian dari wilayah LLDIKTI X yang membawahi perguruan tinggi provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi.

Departemen Matematika dan Sains Data tentu juga turut berpartisipasi dalam ajang kompetisi ini dalam bentuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa yang berminat mengikuti kompetisi dengan melaksanakan pelatihan bersama alumni dan juga dosen. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak November 2023. Hal ini membuahkan hasil. Pada ONMIPA-PT tingkat Universitas Andalas, empat mahasiswa DMSD dinyatakan Lolos Seleksi, yaitu Fauzi Rahamatullah Siregar (2110431017), Muhammad Farhan Bunayya (2110432012), Robi Maulana Butar-Butar (2110432015), dan Rifka Khoirunnisa Armako (2210431006).

Berikutnya mahasiswa yang akan melanjutkan kompetisi ke tingkat wilayah akan melakukan pelatihan instensif hingga kompetisi tingkat wilayah dilaksanakan pada Bulan April mendatang. Diharapkan dengan pelatihan ini peserta siap melaksanakan kompetisi tingkat wilayah dan dapat memperoleh hasil yang maksimal, sehingga Universitas Andalas dapat mengirimkan perwakilannya berkompetisi di tingkat nasional.

26 Februari 2024

Dua program studi di Departemen Matematika dan Sains Data Fakultas MIPA Universitas Andalas yaitu Prodi S1 Matematika dan Prodi S2 Matematika menjalani proses akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). ASIIN merupakan Lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kemendikbudristek. Lembaga asal Jerman ini berfokus pada displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, serta biologi.

Kegiatan visitasi Akreditasi ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 21-22 Februari 2024 di Gedung Convention Hall Universitas Andalas. Kegiatan ini dihadiri oleh tim Expert Panels ASIIN yang terdiri dari Prof. Dr. Martin Buhmann, Prof. Dr. Thomas Gotz, Betty Handayani, Richie Mayandel Valerio, serta perwakilan dari ASIIN Dr. Andrea Kern.

Rangkaian acara pada hari pertama diawali dengan pembukaan yang juga dihadiri oleh rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt., CA, CRGP. Dilanjutkan dengan diskusi para expert panels ASIIN dengan ketua dan sekretaris Departemen Matematika dan Sains Data, serta ketua tim gugus tugas masing-masing prodi. Pada sesi siang dilakukan diskusi dengan perwakilan mahasiswa dan alumni dari kedua prodi.

Pada hari kedua, juga dilakukan diskusi dengan beberapa dosen. Lalu dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas gedung di Universitas Andalas, diantaranya perpustakaan pusat, gedung kuliah, laboratorium komputer, Student Lounge, ruang seminar, serta bangunan departemen matematika dan sains data. Pada sesi siang dilanjutkan dengan diskusi final serta penutupan rangkaian acara visitasi akreditasi ASIIN.

Kunjungan ASIIN ini diharapkan dapat membantu Prodi S1 dan S2 Matematika FMIPA UNAND  untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta diharapkan mampu meningkatkan daya saingnya di level internasional, bukan hanya lulusan tapi juga termasuk dosen, tentunya ini juga peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Andalas.

17 Maret 2023

Pada hari Jumat, 17 Maret 2023 pukul 14:00 – 16.00 WIB jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan pertemuan antara perwakilan dosen departemen matematika dan sains data, mahasiswa, dosen, alumni, dan pengguna alumni Matematika FMIPA UNAND. Agenda ini dilaksanakan demi memenuhi kebutuhan Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA UNAND akan saran dan masukan alumni yang saat ini berperan sebagai stakeholder sarjana matematika, agar kurikulum semakin baik kedepannya. Pertemuan yang bertemakan “FGD Kurikulum OBE Prodi S1 dan S2 Matematika” dihadiri oleh beberapa orang perwakilan alumni Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA UNAND dari angkatan 1996 hingga angkatan 2016, serta perwakilan dosen - dosen jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan ini dipandu oleh Kaprodi S1 jurusan Matematika FMIPA UNAND, yaitu Ibu Dr. Noverina Alfiany, serta dibuka oleh Ibu Dr. Yanita selaku Ketua Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA UNAND. Setelah paparan singkat oleh Ibu Kaprodi S1 mengenai tujuan diadakannya FGD, serta alasan kebutuhan saran dan masukan alumni sebagai stakeholder sarjana Matematika, pertemuan dilanjutkan dengan penyampaian sosialisasi dan pemaparan kurikulum Prodi S1 Matematika oleh Ibu Dr. Arrival Rince Putri. Lalu, pemaparan dan sosialiasi kurikulum OBE Prodi S2 Matematika oleh Ibu Dr. Ferra Yanuar dan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi antara dosen dengan alumni, mahasiswa, dan pengguna alumni.

Masukan dan saran serta pertanyaan yang diberikan oleh perwakilan alumni maupun mahasiswa dan pengguna alumni sangat beragam, dikarenakan sebaran sektor pekerjaan perwakilan alumni tekuni yang juga beragam. Salah seorang perwakilan alumni yang bekerja di kantor Pemerintah Daerah, khususnya pada Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan, menyatakan bahwa sarjana Matematika FMIPA UNAND dapat mengisi kebutuhan Pemerintah Daerah dalam perencanaan, penelitian, dan pengembangan Pemerintah Daerah. Penyampainan dilakukan oleh Bapak Syofyan Hendri, S.Si, M.SE yang sangat mendukung mata kuliah pilihan pada kurikulum baru yaitu seperti Pemrograman Berbasis Web, Pengantar Matematika Keuangan, Matematika Biologi. Namun, untuk mendukung hal tersebut, pada saat pengambilan mata kuliah pilihan harus diberikan semua projek-projek yang aplikatif berkaitan dengan kenyataan pada kehidupan sehari-hari. Kemudian adanya saran dari alumni S1 yang telah melaksanakan program fast-track setidaknya ada mata kuliah seperti analisis riil lanjut atau aljabar linier lanjut yang terencana di semester satu sehingga mahasiswa S2 bisa mengambil lebih mata kuliah S2 tidak hanya metode penelitian. Kemudian, ditanggapi oleh Ibu Dr. Ferra Yanuar bahwasannya dengan hanya pengambilan satu matakuliah metode penelitian agar mahasiswa fast-track tidak kesusahan dalam menghadapi perkuliahan pada semester 7.

18 September 2023

Tim utusan Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA Universitas Andalas (UNAND) yang terdiri dari lima orang dosen perwakilan Program Studi S1 Matematika, melakukan kegiatan benchmarking ke Departemen Matematika FMIPA  Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta pada tanggal 12-15 September 2023. Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Sri Wahyuni, S.U dan Dr. Sutopo, S.Si, M.Si yang merupakan dosen Departemen Matematika Universitas Gajah Mada. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini difokuskan pada diskusi persiapan visitasi ASIIN dan diskusi portofolio dosen beserta asesmen CPL.

Diskusi persiapan visitasi akreditasi ASIIN Departemen Matematika dan Sains Data Universitas Andalas yang akan dilakukan pada Bulan Februari 2024 mendatang meliputi persiapan menjelang visitasi, kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat visitasi, hingga siklus pertemuan saat visitasi. Dimana salah satu fokus ASIIN ialah bagaimana proses pembelajaran berjalan dengan baik dan bagaimana kegiatan tersebut dievaluasi. Hasil pelaksanaan tugas pada sesi diskusi ini berupa informasi mengenai kesiapan visitasi ASIIN.

Diskusi selanjutnya membahas mengenai portofolio dosen beserta asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).  Kelengkapan/update dokumen diantaranya Module Handbook, Staff Hanbook, Portofolio, serta workload dosen untuk S1 dan S2. Hasil pelaksanaan tugas pada sesi diskusi ini meliputi Contoh dokumen portofolio dosen dan Informasi mengenai metode asesmen CPL.