Matematika - Universitas Andalas

Himpunan Alumni

Aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi.
Himpunan alumni Prodi Matematika dinamakan Ikatan Alumni Matematika Universitas Andalas. Pengurus ikatan alumni periode 2014-2019 ditetapkan pada acara Temu Alumni Matematika tanggal 3 Agustus 2014. Struktur pengurus inti Ikatan Alumni saat ini adalah:

Ketua : Suvlika, S.Si
Sekretaris : Robi Muharsyah, S.Si
Bendahara : Zulfaneti, M.Si

Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik dan non-akademik program studi sudah cukup baik.Partisipasi alumni diberikan dalam bentuk sumbangan masukan untuk perbaikan proses pembelajaran, peningkatan kualitas, kompetensi dan soft skill lulusan sehingga bisa bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain dalam dunia kerja, memberikan sumbangan dana, dan pengembangan jejaring. Berikut dijelaskan rinciannya.

a. Sumbangan dana
Dalam pengembangan akademik, sumbangan dana yang pernah diberikan alumni adalah dalam bentuk pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang membutuhkan bantuan keuangan dan tidak sedang mendapat beasiswa dari tempat lain. Sedangkan dalam pengembangan non-akademik, alumni selalu berpartisipasi sebagai donator dalam setiap kegiatan kemahasiswaan. Di samping itu, alumni juga pernah memberikan sumbangan dana untuk pengembangan fasilitas umum di lingkungan FMIPA, seperti mesjid fakultas.

b. Sumbangan fasilitas
Partisipasi alumni dalam memberikan sumbangan fasilitas untuk pengembangan akademik program studi dapat dilihat antara lain pada upaya penambahan buku-buku referensi perkuliahan di ruang baca jurusan, sumbangan LCD proyektor danprinter. Dalam hal pengembangan non-akademik, alumni pernah memberikan sumbangan fasiltas seperti alat tenis meja, TOA, dan perlengkapan lainnya untuk kegiatan kemahasiswaan.

c. Keterlibatan dalam kegiatan akademik dan non-akademik
Keterlibatan alumni dalam kegiatan akademik program studi diberikan dalam bentuk :
- Memberikan masukan dengan cara berpartisipasi pada kegiatan tracer study
- Memberikan kuliah umum mengenai aplikasi matematika di dunia kerja.
- Sebagai pemateri pada kegiatan seminar nasional/regional baik yang diadakan oleh Prodi Matematika maupun oleh himpunan mahasiswa Prodi Matematika.
- Memberikan kuliah motivasidan kuliah umum dengan success story.
- Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi atau data pendukung dalam penulisan tugas akhir (TA) jika berhubungan dengan institusi alumni

Adapun keterlibatan alumni dalam kegiatan non-akademik program studi diberikan dalam bentuk :
  • Memberikan pelatihan kepemimpinan dan keorganisasian kepada mahasiswa melalui Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA).
  • Berpartisipasi pada acara-acara keakraban, seperti buka bersama dan halal-halal bi halal keluarga besar matematika Unand.

    d. Pengembangan jejaring
    Pengembangan jejaring yang pernah dilakukan alumni untuk pengembangan akademik dan non-akademik program studi, antara lain :
  • Membangun komunikasi dan informasi di jejaring sosial di internet seperti facebook (nama akun: Alumni Matematika Unand) dan melalui mailing list alumni (alamatmath_unand@yahoo.com).
  • Membantu memperluas dan meningkatkan jejaring kerjasama antara program studi dengan institusi atau perusahaan dimana alumni bekerja.
  • Berbagi informasi lowongan kerja yang ada pada instansi alumni

    e. Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik dan non-akademik
    Penyediaan fasiltas yang diberikan alumni untuk kegiatan akademik dan non-akademik antara lain berupa :
  • Penyediaan sarana komunikasi di media sosial.
  • Penyediaan fasilitas untuk kunjungan penelitian atau magang di tempat kerja.
  • Memfasilitasi kemudahan dalam mendapatkan data untuk kepentingan penelitian dosen dan mahasiswa yang terkait dengn institusi tempat kerja.