06 Oktober 2021

Eldi Nuzan Syahputra, mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2017 beserta timnya menjadi salah satu tim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) yang lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021. Eldi dan tim yang dibimbing oleh Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 1 FMIPA dan Ibu Hazmira Yozza, M. Si mengajukan judul “Pemodelan Matematika Pergerakan Jelajah Harimau Sumatera Pasca Translokasi dan Pelepasan sebagai Upaya Konversi.” Eldi dan rekan-rekannya menjadi mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNAND yang pertama kali lolos pada PIMNAS. Tim Eldi beserta lima tim mahasiswa FMIPA UNAND lainnya akan menuju PIMNAS ke-34, yang merupakan tahapan terakhir dari kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Seluruh Civitas Akademica jurusan Matematika FMIPA UNAND mengucapkan selamat kepada Eldi Nuzan Syahputra beserta tim, semoga sukses dan lancar menjalani tahap akhir kompetisi pada PIMNAS ke-34. Ucapan selamat dan sukses juga disampaikan kepada Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan dan Ibu Hazmira Yozza, M.Si yang telah berhasil membimbing Eldi dalam proses kompetisi dari awal hingga akhir PIMNAS nantinya. Semoga kesempatan ini menjadi pembuka jalan menuju PIMNAS berikutnya bagi mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNAND.

04 September 2021

Pada Sabtu, 4 September 2021, Program Studi (Prodi) S2 Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan pertemuan dengan mahasiswa baru Prodi S2 Matematika. Pertemuan diadakan pada pukul 10:30 WIB dengan mengundang berbagai elemen jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan dihadiri oleh Ketua Senat FMIPA UNAND, Bapak Prof. Syafrizal Sy, Wakil Dekan I, Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan III, Bapak Dr. Jenizon, Ketua Jurusan Matematika, Ibu Dr. Yanita, KaProdi S2 Matematika, Ibu Dr. Ferra Yanuar, perwakilan dosen Prodi S2 Matematika, serta perwakilan mahasiswa Prodi S2. Pada tahun ajaran ganjil 2021/2020, Prodi S2 Matematika menerima 11 orang mahasiswa baru, di mana 4 orang diantaranya merupakan mahasiswa fast track Prodi S1 Matematika FMIPA UNAND.

Pertemuan elemen jurusan Matematika dengan mahasiswa baru berlangsung selama lebih kurang 2 jam yang diawali dengan perkenalan singkat jurusan Matematika oleh Ibu Dr. Yanita, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh Ibu KaProdi S2 Matematika mengenai kurikulum dan struktur mata kuliah Prodi S2 Matematika. Pengarahan singkat mengenai proses belajar mahasiswa magister juga disampaikan oleh Bapak Prof. Syafrizal Sy kepada para mahasiswa baru. Diharapkan selama masa studinya, mahasiswa Prodi S2 Matematika bersungguh-sungguh dan berkerja keras untuk meraih gelas magisternya, meskipun kegiatan studi dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya. Pertemuan juga dilengkapi dengan perkenalan singkat mahasiswa baru Prodi S2 Matematika, serta minat mahasiswa baru dalam bidang penelitian yang akan digelutinya dalam penyusunan tesis.

 

 

 

 

27 Agustus 2021

Jum’at, 27 Agustus 2021, jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas melakukan pertemuan dengan mahasiswa baru (MABA) 2021 jurusan Matematika. Pertemuan ini merupakan rangkaian acara BAKTI FMIPA 2021, serta dilaksanakan dalam rangka perkenalan jurusan Matematika, dosen, serta tenaga kependidikan jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas kepada MABA 2021. Meskipun terkendala oleh masa pandemik Covid-19, sehingga pertemuan dilaksanakan melalui media Zoom Meeting, namun acara terlaksana dengan baik dan lancar. Acara dimulai dengan perkenalan singkat jurusan Matematika oleh Ibu Ketua jurusan Matematika, Ibu Dr. Yanita, dilanjutkan dengan perkenalan dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) oleh Ibu Monika Rianti Helmi, M.Si selaku Sekretaris jurusan Matematika, serta perkenalan dan pengarahan singkat dari para dosen PA di jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas.

Bapak Budi Rudianto, M.Si menyampaikan bahwa kesuksesan MABA 2021 diterima di jurusan Matematika dikarenakan do’a dan usaha kedua orangtua MABA, sehingga terima kasih tertinggi sebaiknya ditujukan kepada kedua orangtua. Selain itu, semua mahasiswa harus menanamkan tekad bahwa belajar itu sepanjang hayat. Bapak Prof. Syafrizal Sy menyampaikan bahwa MABA 2021 merupakan pribadi-pribadi yang beruntung yang mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pembelajaran sepanjang masa di kampus terbaik. Secara menyeluruh, para dosen PA, menyampaikan selamat datang kepada MABA 2021 dan menyampaikan bahwa MABA 2021 mampu memahami proses dan cara berkomunikasi yang baik dengan dosen PA selaku orangtua MABA 2021 di jurusan Matematika. Pada sesi terakhir, Ketua Program Studi S1 jurusan Matematika, Ibu Dr. Arrival Rince Putri memberikan pengarahan menyeluruh mengenai proses akademik, peraturan-peraturan akademik, serta program dan peraturan MBKM yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa baru (MABA) 2021.

 

 

23 Juli 2021

Efrido Axcel Pratama, mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas angkatan 2019 dinyatakan diterima pada Program Kampus Mengajar Angkatan 2 yang diumumkan pada akhir Juli 2021. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMBIKBUD). Program ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang:  Berkontribusi sebagai agen perubahan untuk tantangan pendidikan Indonesia; Menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi selama di SD dan SMP selama satu semester; dan Mengasah keterampilan sosial: empati, komunikasi, kepemimpinan, kreativitas, pemecahan masalah, inovasi dan kreativitas.

Berdasarkan informasi pada situs resmi Kampus Merdeka KEMDIKBUD, pembekalan dan pemberangkatan Mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 2 akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 30 Juli 2021. Penugasan akan berlangsung sejak tanggal 2 Agustus – 17 Desember 2021, dan berakhir dengan penarikan Mahasiswa pada tanggal 18 Desember 2021. Seluruh keluarga jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas mengucapkan “Selamat dan Berkah kepada Efrido Axcel Pratama dalam menunaikan amanah barunya sebagai salah seorang pengajar pada Program Kampus Mengajar. Semoga sukses dan lancar dalam melaksanakan tugasnya, serta dapat memberikan manfaat terbaik dari ilmu yang telah diperolehnya di jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas kepada peserta didiknya nanti.”

14 Juli 2021

Pada hari Sabtu 10 Juli 2021 pukul 14:00 WIB jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan pertemuan antara perwakilan dosen jurusan Matematika dan alumni jurusan Matematika FMIPA UNAND. Agenda ini dilaksanakan demi memenuhi kebutuhan jurusan Matematika FMIPA UNAND akan saran dan masukan alumni yang saat ini berperan sebagai stakeholder sarjana matematika, serta mendukung terwujudnya program MBKM yang optimal di jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan yang bertemakan “FGD Kurikulum Prodi S1 Matematika” dihadiri oleh 11 orang perwakilan alumni jurusan Matematika FMIPA UNAND dari angkatan 1996 hingga angkatan 2016, serta 10 orang perwakilan dosen jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan ini dipandu oleh Kaprodi S1 jurusan Matematika FMIPA UNAND, yaitu Ibu Dr. Arrival Rince Putri, serta dibuka oleh Ibu Dr. Yanita selaku Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNAND. Setelah paparan singkat oleh Ibu Kaprodi S1 mengenai tujuan diadakannya FGD, serta alasan kebutuhan saran dan masukan alumni sebagai stakeholder sarjana Matematika, pertemuan dilanjutkan dengan pengalaman serta saran alumni akan kebutuhan skill sarjana Matematika FMIPA UNAND di lingkungan pekerjaan yag digeluti oleh perwakilan alumni jurusan Matematika FMIPA UNAND.

Masukan dan saran yang diberikan oleh perwakilan alumni sangat beragam, dikarenakan sebaran sektor pekerjaan perwakilan alumni tekuni yang juga beragam. Salah seorang perwakilan alumni yang bekerja di kantor Pemerintah Daerah, khususnya pada Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan, menyatakan bahwa sarjana Matematika FMIPA UNAND dapat mengisi kebutuhan Pemerintah Daerah dalam perencanaan, penelitian, dan pengembangan Pemerintah Daerah. Namun untuk mendukung hal tersebut, sebaiknya sarjana Matematika FMIPA UNAND dapat dibekali dengan pengetahuan aplikasi Matematika di bidang-bidang aplikasi nyata, misalnya Ekonomi, terutama berkaitan dengan proses analisa pengambilan kebijakan pembangunan dan perencanaan. Pengetahuan tersebut dapat disediakan pada mata kuliah pengolahan dan analisa data, di mana materi yang terkait adalah Statistika dan Ekonomi. Selain itu, sarjana Matematika FMIPA UNAND juga diharapkan memiliki pemahaman software dan aplikasi yang berkaitan dengan penyajian, pengolahan, dan analisa data, seperti Ms Excel, Phyton, dan R. Sehingga dikemudian hari, sarjana Matematika FMIPA UNAND lebih siap untuk berkiprah di dunia kerja.

 Hal yang senada diungkapkan oleh perwakilan alumni lainnya, sehingga secara garis besar dapat disimpulkan bahwa: 1. Sarjana Matematika FMIPA UNAND diharapkan sudah memiliki skill terapan ilmu Matematika di dunia nyata serta software dan aplikasi yang mendukung; 2. Prodi S1 Matematika diharapkan menyediakan mata kuliah pendukung untuk terapan Matematika di dunia nyata, misalnya Sains Data, Pemrograman Web, dan lain sebagainya; 3. Sarjana Matematika FMIPA UNAND diharapkan dapat menguasai Bahasa Inggris secara baik untuk komunikasi, serta menguasai Public Speaking; 4. Prodi S1 diharapkan meningkatkan kerja sama dengan berbagai sektor di dunia kerja, sehingga dapat meningkatkan penyediaan jaringan dunia kerja bagi sarjana Matematika FMIPA UNAND serta mendukung program Magang Bersertifikat MBKM; serta 5. Prodi S1 yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Matematika diharapkan dapat mengadakan seminar persiapan dunia kerja dan arah sektor pekerjaan sesuai dengan KBK-nya. Saran dan masukan yang diberikan oleh perwakilan alumni yang hadir, yaitu Bapak Syofyan Hendri, S.Si, M.S.E, Ibu Rita Diana, M.Si, Bapak Hardiansyah, M.Si, Ibu Gusti Nurul Amrina, S.Si, Bapak Robi Muharsyah, M.Sc, Ibu Ghana Wivanius, M.Sc, Ibu Herisca Januarita, M.Si, Ibu Suci Fratama S, M.Si, Bapak Adib Abdul Majid, S.Si, dan Bapak Rizki Kurniawan, S.Si, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sarjana Matematika FMIPA UNAND di dunia kerja nantinya.

 

 
18 November 2020

https://www.asiin.de/en/home.html   

Padang-Matematika UNAND. Sesuai dengan visi misi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND), yaitu Menjadi Program Studi S1 yang Bereputasi di Bidang Matematika Teori dan Aplikasi di Tataran Asia Tenggara pada Tahun 2028, maka Jurusan Matematika FMIPA UNAND terus melakukan perbaikan mutu akademik agar memenuhi standar internasional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah pengajuan akreditasi internasional dari lembaga ASIIN [Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik]. Lembaga ASIIN merupakan lembaga akreditasi pendidikan tinggi berskala internasional yang berasal dari Jerman, yang mengakui beberapa displin ilmu, di antaranya bidang teknik, informatika, ilmu pengetahuan alam dan matematika.

Sebagai langkah awal dalam rangka mengajukan akreditasi internasional ASIIN tersebut, Jurusan Matematika FMIPA UNAND mengadakan Workshop ASIIN yang dilaksanakan dalam jaringan, pada hari Selasa tanggal 17 November 2020, dengan narasumber ibu Hilda Assiyatun, PhD, yang merupakan Ketua Program Studi S1 Matematika FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama tujuh jam, dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Kegiatan Workshop ini didukung oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNAND.

Kegiatan workshop dibuka oleh Ketua LP3M, Prof. Dr. Henny Lucida, Apt. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa UNAND berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu yang ada dengan mendorong prodi-prodi untuk mendapatkan pengakuan mutu berupa akreditasi internasional. Beliau juga menyampaikan bahwa UNAND berkomitmen untuk men-support dan mendorong prodi-prodi yang bersedia dan siap untuk mengusulkan akreditasi internasional. Beliau menambahkan bahwa saat ini terdapat 34 prodi di Universitas Andalas yang akan mengajukan akreditasi internasional.

Kegiatan workshop diawali oleh sambutan dari Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNAND, Dr. Yanita yang menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan workshop ini adalah sebagai usaha untuk memujudkan visi misi Jurusan Matematika FMIPA UNAND. Beliau juga berterimakasih atas dukungan yang besar dari LP3M UNAND, serta berharap dengan diadakannya workshop ini dapat membuka wawasan dan menumbuhkan semangat bagi segenap sivitas akademika di jurusan Matematika FMIPA UNAND untuk mewujudkan akreditasi ASIIN bagi Prodi S1 Matematika FMIPA UNAND.

Selanjutnya, Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Syukri Arief juga menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan workshop ini. Beliau mengungkapkan bahwa adanya Indikator Kinerja Utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan dapat mempercepat keinginan Prodi-Prodi di FMIPA UNAND untuk mengajukan akreditasi Internasional ASIIN. Beliau juga mencatat bahwa untuk mempersiapkan proses akreditasi ini dengan baik diperlukan tim akreditasi yang kuat dan solid. Beliau juga menambahkan bahwa suasana akademik akan meningkat jika suatu prodi sudah terakreditasi secara internasional.

Kegiatan workshop dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Pada sesi pagi, ibu Hilda Assiyatun, PhD berbagi pengalaman pengajuan akreditasi ASIIN yang dilakukan oleh Prodi S1 Matematika ITB pada tahun 2015 serta re-akreditasi pada tahun 2020. Beliau menyatakan bahwa langkah awal yang dikerjakan adalah pembentukan tim khusus yang bekerja all out untuk persiapan dan pelaksanaan proses pengajuan akreditasi. Tim tersebut menyempurnakan semua bahan dan materi yang telah ada sebelumnya, seperti OBE (Outcome-based education), Instrumen Penjaminan Mutu, serta menambahkan capaian Learning Outcomes untuk setiap mata kuliah di Prodi S1 Matematika ITB. Beliau juga juga menegaskan bahwa diperlukan komitmen yang kuat dari semua level, baik perguruan tinggi, fakultas, jurusan serta program studi untuk persiapan akreditasi internasional ASIIN tersebut. Setelah pemaparan tersebut, dilakukan diskusi terkait langkah-langkah apa yang diperlukan Prodi S1 Matematika UNAND untuk memulai persiapan pengajuan akreditas internasional tersebut.

Pada sesi siang, ibu Hilda Assiyatun, PhD memaparkan tentang kurikulum di Prodi S1 Matematika ITB, sebagai perbandingan bagi Prodi S1 Matematika UNAND. Beliau juga menjelaskan tentang penambahan Instrumen Penjaminan Mutu yang dilakukan oleh Prodi S1 Matematika ITB, setelah akreditasi internasional ASIIN diperoleh pada tahun 2015. Setelah pemaparan tersebut, kembali dilaksanakan diskusi terkait mata kuliah yang ada dalam struktur kurikulum di kedua prodi.

Kegiatan workshop ditutup pada pukul 16.00, dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada ibu Hilda Assiyatun, PhD selaku narasumber. Workshop ini telah memberikan gambaran tentang bagaimana proses persiapan pengajuan akreditas internasional ASIIN, serta dokumen terkait yang perlu dipersiapkan oleh Prodi S1 Matematika UNAND untuk memulai proses tersebut.