17 Mei 2022

Jurusan Matematika Universitas Andalas kembali mengirimkan satu tim yang beranggotakan Fajrul Ichsan Kamil (Math ’18), Fathya Rabiatunisa (Math ’19), dan Rizki Ladipa (Math ’20) untuk mengikuti MCM ICM Contest 2022 (https://www.comap.com/undergraduate/contests/). Kompetisi internasional yang mewadahi perlombaan dibidang Pemodelan Matematika ini berlangsung secara daring pada tanggal 17 – 21 Februari 2022. Tim yang diutus oleh Jurusan Matematika melaksanakan proses kompetisi selama lima hari, di mana bidang perlombaan yang dipilih adalah MCM (The Mathematical Contest in Modeling) Contest.

Kompetisi dibidang MCM pada tahun 2022 memuat tiga permasalahan (Problem A, B, dan C) yang dapat dipilih oleh tim yang mengikuti perlombaan. Pada permasalahan A, tim harus mampu menentukan metode untuk memperkirakan cara ideal bagi seorang pengendara sepeda untuk mengendarai sepeda di jalur tetap dalam waktu sesingkat mungkin (https://www.mathmodels.org/Problems/2022/MCM-A/index.html). Permasalahan B merupakan permasalahan pengembangan model matematika untuk membantu pejabat sumber daya alam di negara bagian Arizona, California, Wyoming, New Mexico, dan Colorado untuk menentukan cara terbaik dalam mengelola penggunaan air dan produksi listrik di Glen Canyon dan bendungan Hoover (https://www.mathmodels.org/Problems/2022/MCM-B/index.html).

Sedangkan pada permasalahan C, di mana tim Jurusan Matematika memilih untuk menganalisa permasalahan ini, tim disajikan dengan masalah peramalan dan masalah optimasi alokasi dari perspektif pedagang pasar (https://www.mathmodels.org/Problems/2022/MCM-C/index.html). Diberikan data lima tahun yang meliputi harga emas dan bitcoin. Selanjutnya tim diminta untuk mengembangkan strategi tentang cara memperdagangkan saham awal sebesar $1000 hanya dengan menggunakan data yang disediakan dengan batasan hingga tanggal setiap perdagangan saja. Selain itu, permasalahan diperumit dengan membebankan komisi yang besar untuk setiap perdagangan yang dilakukan. Tim diminta untuk menjelaskan dengan baik pada artikel yang ditulisnya, mengapa pendekatan mereka adalah pendekatan terbaik.

Diantara 15.105 tim yang berpartisipasi pada kompetisi bidang MCM di tahun 2022, 67% diantaranya memilih permasalahan C. Tim jurusan Matematika Universitas Andalas memperoleh predikat yang sama dengan Universitas Katolik Parahyangan (Indonesia), Xiamen University Malaysia (Malaysia), Simpson College (USA), dan berbagai Universitas di Asia dan USA. Meskipun diramaikan oleh kampus dan universitas dari China, namun tim jurusan Matematika dapat mempertahankan predikatnya sebagai “Successful Participant” seperti tahun sebelumnya. Civitas Academica jurusan Matematika mengucapkan selamat kepada tim MCM 2022 jurusan Matematika atas prestasi yang diraih pada ajang kompetisi internasional ini.

21 April 2022

Setelah melakukan penilaian berdasarkan ketepatan jawaban, kelengkapan penjelasan, kerunutan dan kesederhanaan penyajian, maka diputuskan dua peserta terbaik berikut:

1. Ikhsan Fachriansyah Putra (Mahasiswa S1 Matematika Universitas Andalas)
2. Difa Winanda Adliya (Mahasiswa S1 Matematika Institut Teknologi Bandung)

Kepada peserta terbaik kami ucapkan selamat, dan kepada peserta yang lain tidak perlu berkecil hati karena Anda semua pada hakikatnya adalah jawara-jawara yang telah membuktikan kecintaan dan penghargaan terhadap matematika. Teruslah berkarya dengan matematika!

Catatan:
1. Peserta terbaik mendapat hadiah dari Jurusan Matematika dan Fakultas MIPA Unand
2. Seluruh peserta mendapat merchandise dari Jurusan Matematika dan Fakultas MIPA Unand

12 Maret 2022

#Happy anniversary for Department of Mathematics Universitas Andalas (5 March)
#Happy International Day of Mathematics (14 March)

Can you calculate the limit x to 0 of (tanx-x)/x^3 without using L'Hopital's rule or Taylor expansion? Find the answer in this video https://www.youtube.com/watch?v=xIOBvGzh4JY and the next one (see the description box). For those who can rewrite the answer completely and accurately, please email it to Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. by including the name and origin of the institution/school/univ. The best answer will receive an attractive gift. The answers are accepted until March 14, 2022.

This quiz encourages everyone, especially students, to get involved in solving a simple math problem that appears in a film series. This quiz aims to stimulate the public in giving an appreciation to mathematics in a relaxed and entertaining way.

This quiz has also been published in https://www.idm314.org/ as one of the events around the world to celebrate the International Day of Mathematics. See https://www.idm314.org/#event-details/2022/1133

11 November 2021

Tim PKM mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) berhasil meraih penghargaan setara emas pada malam puncak PIMNAS ke-34 di Universitas Sumatera Utara. Tim yang diketuai oleh Eldi Nuzan, mahasiswa program studi S1 Matematika angkatan 2017, dibimbing oleh Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan, dosen bidang Matematika Terapan jurusan Matematika FMIPA UNAND yang juga merupakan Wakil Dekan I FMIPA UNAND. Tim ini memenangkan penghargaan PKM RE pada kategori Poster. Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan menyatakan bahwa hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi jurusan Matematika FMIPA UNAND, serta dapat memberikan nilai lebih dalam aspek prestasi akademik untuk jurusan Matematika FMIPA UNAND bagi calon mahasiswa baru.

Seluruh Civitas Akademica jurusan Matematika FMIPA UNAND mengucapkan selamat kepada Eldi Nuzan Syahputra dan Tim atas capaian prestasi yang telah diraih. Selain itu, ucapan selamat dan sukses juga disampaikan kepada Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan yang telah sukses membimbing Eldi dan tim. Semoga semua Civitas Academica jurusan Matematika FMIPA UNAND dapat selalu menorehkan prestasi terbaik di kancah Lokal, Nasional, dan Internasional.

 

 

06 Oktober 2021

Eldi Nuzan Syahputra, mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2017 beserta timnya menjadi salah satu tim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) yang lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021. Eldi dan tim yang dibimbing oleh Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan 1 FMIPA dan Ibu Hazmira Yozza, M. Si mengajukan judul “Pemodelan Matematika Pergerakan Jelajah Harimau Sumatera Pasca Translokasi dan Pelepasan sebagai Upaya Konversi.” Eldi dan rekan-rekannya menjadi mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNAND yang pertama kali lolos pada PIMNAS. Tim Eldi beserta lima tim mahasiswa FMIPA UNAND lainnya akan menuju PIMNAS ke-34, yang merupakan tahapan terakhir dari kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Seluruh Civitas Akademica jurusan Matematika FMIPA UNAND mengucapkan selamat kepada Eldi Nuzan Syahputra beserta tim, semoga sukses dan lancar menjalani tahap akhir kompetisi pada PIMNAS ke-34. Ucapan selamat dan sukses juga disampaikan kepada Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan dan Ibu Hazmira Yozza, M.Si yang telah berhasil membimbing Eldi dalam proses kompetisi dari awal hingga akhir PIMNAS nantinya. Semoga kesempatan ini menjadi pembuka jalan menuju PIMNAS berikutnya bagi mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNAND.

04 September 2021

Pada Sabtu, 4 September 2021, Program Studi (Prodi) S2 Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan pertemuan dengan mahasiswa baru Prodi S2 Matematika. Pertemuan diadakan pada pukul 10:30 WIB dengan mengundang berbagai elemen jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan dihadiri oleh Ketua Senat FMIPA UNAND, Bapak Prof. Syafrizal Sy, Wakil Dekan I, Bapak Dr. Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan III, Bapak Dr. Jenizon, Ketua Jurusan Matematika, Ibu Dr. Yanita, KaProdi S2 Matematika, Ibu Dr. Ferra Yanuar, perwakilan dosen Prodi S2 Matematika, serta perwakilan mahasiswa Prodi S2. Pada tahun ajaran ganjil 2021/2020, Prodi S2 Matematika menerima 11 orang mahasiswa baru, di mana 4 orang diantaranya merupakan mahasiswa fast track Prodi S1 Matematika FMIPA UNAND.

Pertemuan elemen jurusan Matematika dengan mahasiswa baru berlangsung selama lebih kurang 2 jam yang diawali dengan perkenalan singkat jurusan Matematika oleh Ibu Dr. Yanita, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh Ibu KaProdi S2 Matematika mengenai kurikulum dan struktur mata kuliah Prodi S2 Matematika. Pengarahan singkat mengenai proses belajar mahasiswa magister juga disampaikan oleh Bapak Prof. Syafrizal Sy kepada para mahasiswa baru. Diharapkan selama masa studinya, mahasiswa Prodi S2 Matematika bersungguh-sungguh dan berkerja keras untuk meraih gelas magisternya, meskipun kegiatan studi dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya. Pertemuan juga dilengkapi dengan perkenalan singkat mahasiswa baru Prodi S2 Matematika, serta minat mahasiswa baru dalam bidang penelitian yang akan digelutinya dalam penyusunan tesis.