Workshop Persiapan ASIIN jurusan Matematika Unand

18 November 2020

https://www.asiin.de/en/home.html   

Padang-Matematika UNAND. Sesuai dengan visi misi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND), yaitu Menjadi Program Studi S1 yang Bereputasi di Bidang Matematika Teori dan Aplikasi di Tataran Asia Tenggara pada Tahun 2028, maka Jurusan Matematika FMIPA UNAND terus melakukan perbaikan mutu akademik agar memenuhi standar internasional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah pengajuan akreditasi internasional dari lembaga ASIIN [Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik]. Lembaga ASIIN merupakan lembaga akreditasi pendidikan tinggi berskala internasional yang berasal dari Jerman, yang mengakui beberapa displin ilmu, di antaranya bidang teknik, informatika, ilmu pengetahuan alam dan matematika.

Sebagai langkah awal dalam rangka mengajukan akreditasi internasional ASIIN tersebut, Jurusan Matematika FMIPA UNAND mengadakan Workshop ASIIN yang dilaksanakan dalam jaringan, pada hari Selasa tanggal 17 November 2020, dengan narasumber ibu Hilda Assiyatun, PhD, yang merupakan Ketua Program Studi S1 Matematika FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama tujuh jam, dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Kegiatan Workshop ini didukung oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNAND.

Kegiatan workshop dibuka oleh Ketua LP3M, Prof. Dr. Henny Lucida, Apt. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa UNAND berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu yang ada dengan mendorong prodi-prodi untuk mendapatkan pengakuan mutu berupa akreditasi internasional. Beliau juga menyampaikan bahwa UNAND berkomitmen untuk men-support dan mendorong prodi-prodi yang bersedia dan siap untuk mengusulkan akreditasi internasional. Beliau menambahkan bahwa saat ini terdapat 34 prodi di Universitas Andalas yang akan mengajukan akreditasi internasional.

Kegiatan workshop diawali oleh sambutan dari Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNAND, Dr. Yanita yang menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan workshop ini adalah sebagai usaha untuk memujudkan visi misi Jurusan Matematika FMIPA UNAND. Beliau juga berterimakasih atas dukungan yang besar dari LP3M UNAND, serta berharap dengan diadakannya workshop ini dapat membuka wawasan dan menumbuhkan semangat bagi segenap sivitas akademika di jurusan Matematika FMIPA UNAND untuk mewujudkan akreditasi ASIIN bagi Prodi S1 Matematika FMIPA UNAND.

Selanjutnya, Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Syukri Arief juga menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan workshop ini. Beliau mengungkapkan bahwa adanya Indikator Kinerja Utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan dapat mempercepat keinginan Prodi-Prodi di FMIPA UNAND untuk mengajukan akreditasi Internasional ASIIN. Beliau juga mencatat bahwa untuk mempersiapkan proses akreditasi ini dengan baik diperlukan tim akreditasi yang kuat dan solid. Beliau juga menambahkan bahwa suasana akademik akan meningkat jika suatu prodi sudah terakreditasi secara internasional.

Kegiatan workshop dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Pada sesi pagi, ibu Hilda Assiyatun, PhD berbagi pengalaman pengajuan akreditasi ASIIN yang dilakukan oleh Prodi S1 Matematika ITB pada tahun 2015 serta re-akreditasi pada tahun 2020. Beliau menyatakan bahwa langkah awal yang dikerjakan adalah pembentukan tim khusus yang bekerja all out untuk persiapan dan pelaksanaan proses pengajuan akreditasi. Tim tersebut menyempurnakan semua bahan dan materi yang telah ada sebelumnya, seperti OBE (Outcome-based education), Instrumen Penjaminan Mutu, serta menambahkan capaian Learning Outcomes untuk setiap mata kuliah di Prodi S1 Matematika ITB. Beliau juga juga menegaskan bahwa diperlukan komitmen yang kuat dari semua level, baik perguruan tinggi, fakultas, jurusan serta program studi untuk persiapan akreditasi internasional ASIIN tersebut. Setelah pemaparan tersebut, dilakukan diskusi terkait langkah-langkah apa yang diperlukan Prodi S1 Matematika UNAND untuk memulai persiapan pengajuan akreditas internasional tersebut.

Pada sesi siang, ibu Hilda Assiyatun, PhD memaparkan tentang kurikulum di Prodi S1 Matematika ITB, sebagai perbandingan bagi Prodi S1 Matematika UNAND. Beliau juga menjelaskan tentang penambahan Instrumen Penjaminan Mutu yang dilakukan oleh Prodi S1 Matematika ITB, setelah akreditasi internasional ASIIN diperoleh pada tahun 2015. Setelah pemaparan tersebut, kembali dilaksanakan diskusi terkait mata kuliah yang ada dalam struktur kurikulum di kedua prodi.

Kegiatan workshop ditutup pada pukul 16.00, dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada ibu Hilda Assiyatun, PhD selaku narasumber. Workshop ini telah memberikan gambaran tentang bagaimana proses persiapan pengajuan akreditas internasional ASIIN, serta dokumen terkait yang perlu dipersiapkan oleh Prodi S1 Matematika UNAND untuk memulai proses tersebut.  

   

 

 

 

  

 

 

Read 424 times