FGD KURIKULUM PRODI S1 MATEMATIKA (DOSEN DAN ALUMNI)

14 Juli 2021

Pada hari Sabtu 10 Juli 2021 pukul 14:00 WIB jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan pertemuan antara perwakilan dosen jurusan Matematika dan alumni jurusan Matematika FMIPA UNAND. Agenda ini dilaksanakan demi memenuhi kebutuhan jurusan Matematika FMIPA UNAND akan saran dan masukan alumni yang saat ini berperan sebagai stakeholder sarjana matematika, serta mendukung terwujudnya program MBKM yang optimal di jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan yang bertemakan “FGD Kurikulum Prodi S1 Matematika” dihadiri oleh 11 orang perwakilan alumni jurusan Matematika FMIPA UNAND dari angkatan 1996 hingga angkatan 2016, serta 10 orang perwakilan dosen jurusan Matematika FMIPA UNAND. Pertemuan ini dipandu oleh Kaprodi S1 jurusan Matematika FMIPA UNAND, yaitu Ibu Dr. Arrival Rince Putri, serta dibuka oleh Ibu Dr. Yanita selaku Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNAND. Setelah paparan singkat oleh Ibu Kaprodi S1 mengenai tujuan diadakannya FGD, serta alasan kebutuhan saran dan masukan alumni sebagai stakeholder sarjana Matematika, pertemuan dilanjutkan dengan pengalaman serta saran alumni akan kebutuhan skill sarjana Matematika FMIPA UNAND di lingkungan pekerjaan yag digeluti oleh perwakilan alumni jurusan Matematika FMIPA UNAND.

Masukan dan saran yang diberikan oleh perwakilan alumni sangat beragam, dikarenakan sebaran sektor pekerjaan perwakilan alumni tekuni yang juga beragam. Salah seorang perwakilan alumni yang bekerja di kantor Pemerintah Daerah, khususnya pada Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan, menyatakan bahwa sarjana Matematika FMIPA UNAND dapat mengisi kebutuhan Pemerintah Daerah dalam perencanaan, penelitian, dan pengembangan Pemerintah Daerah. Namun untuk mendukung hal tersebut, sebaiknya sarjana Matematika FMIPA UNAND dapat dibekali dengan pengetahuan aplikasi Matematika di bidang-bidang aplikasi nyata, misalnya Ekonomi, terutama berkaitan dengan proses analisa pengambilan kebijakan pembangunan dan perencanaan. Pengetahuan tersebut dapat disediakan pada mata kuliah pengolahan dan analisa data, di mana materi yang terkait adalah Statistika dan Ekonomi. Selain itu, sarjana Matematika FMIPA UNAND juga diharapkan memiliki pemahaman software dan aplikasi yang berkaitan dengan penyajian, pengolahan, dan analisa data, seperti Ms Excel, Phyton, dan R. Sehingga dikemudian hari, sarjana Matematika FMIPA UNAND lebih siap untuk berkiprah di dunia kerja.

 Hal yang senada diungkapkan oleh perwakilan alumni lainnya, sehingga secara garis besar dapat disimpulkan bahwa: 1. Sarjana Matematika FMIPA UNAND diharapkan sudah memiliki skill terapan ilmu Matematika di dunia nyata serta software dan aplikasi yang mendukung; 2. Prodi S1 Matematika diharapkan menyediakan mata kuliah pendukung untuk terapan Matematika di dunia nyata, misalnya Sains Data, Pemrograman Web, dan lain sebagainya; 3. Sarjana Matematika FMIPA UNAND diharapkan dapat menguasai Bahasa Inggris secara baik untuk komunikasi, serta menguasai Public Speaking; 4. Prodi S1 diharapkan meningkatkan kerja sama dengan berbagai sektor di dunia kerja, sehingga dapat meningkatkan penyediaan jaringan dunia kerja bagi sarjana Matematika FMIPA UNAND serta mendukung program Magang Bersertifikat MBKM; serta 5. Prodi S1 yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Matematika diharapkan dapat mengadakan seminar persiapan dunia kerja dan arah sektor pekerjaan sesuai dengan KBK-nya. Saran dan masukan yang diberikan oleh perwakilan alumni yang hadir, yaitu Bapak Syofyan Hendri, S.Si, M.S.E, Ibu Rita Diana, M.Si, Bapak Hardiansyah, M.Si, Ibu Gusti Nurul Amrina, S.Si, Bapak Robi Muharsyah, M.Sc, Ibu Ghana Wivanius, M.Sc, Ibu Herisca Januarita, M.Si, Ibu Suci Fratama S, M.Si, Bapak Adib Abdul Majid, S.Si, dan Bapak Rizki Kurniawan, S.Si, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sarjana Matematika FMIPA UNAND di dunia kerja nantinya.

 

 
Read 314 times