MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA KEMBALI MERAIH PREDIKAT SUCCESSFUL PARTICIPANT PADA AJANG INTERNASIONAL MCM ICM CONTEST 2022

17 Mei 2022

Jurusan Matematika Universitas Andalas kembali mengirimkan satu tim yang beranggotakan Fajrul Ichsan Kamil (Math ’18), Fathya Rabiatunisa (Math ’19), dan Rizki Ladipa (Math ’20) untuk mengikuti MCM ICM Contest 2022 (https://www.comap.com/undergraduate/contests/). Kompetisi internasional yang mewadahi perlombaan dibidang Pemodelan Matematika ini berlangsung secara daring pada tanggal 17 – 21 Februari 2022. Tim yang diutus oleh Jurusan Matematika melaksanakan proses kompetisi selama lima hari, di mana bidang perlombaan yang dipilih adalah MCM (The Mathematical Contest in Modeling) Contest.

Kompetisi dibidang MCM pada tahun 2022 memuat tiga permasalahan (Problem A, B, dan C) yang dapat dipilih oleh tim yang mengikuti perlombaan. Pada permasalahan A, tim harus mampu menentukan metode untuk memperkirakan cara ideal bagi seorang pengendara sepeda untuk mengendarai sepeda di jalur tetap dalam waktu sesingkat mungkin (https://www.mathmodels.org/Problems/2022/MCM-A/index.html). Permasalahan B merupakan permasalahan pengembangan model matematika untuk membantu pejabat sumber daya alam di negara bagian Arizona, California, Wyoming, New Mexico, dan Colorado untuk menentukan cara terbaik dalam mengelola penggunaan air dan produksi listrik di Glen Canyon dan bendungan Hoover (https://www.mathmodels.org/Problems/2022/MCM-B/index.html).

Sedangkan pada permasalahan C, di mana tim Jurusan Matematika memilih untuk menganalisa permasalahan ini, tim disajikan dengan masalah peramalan dan masalah optimasi alokasi dari perspektif pedagang pasar (https://www.mathmodels.org/Problems/2022/MCM-C/index.html). Diberikan data lima tahun yang meliputi harga emas dan bitcoin. Selanjutnya tim diminta untuk mengembangkan strategi tentang cara memperdagangkan saham awal sebesar $1000 hanya dengan menggunakan data yang disediakan dengan batasan hingga tanggal setiap perdagangan saja. Selain itu, permasalahan diperumit dengan membebankan komisi yang besar untuk setiap perdagangan yang dilakukan. Tim diminta untuk menjelaskan dengan baik pada artikel yang ditulisnya, mengapa pendekatan mereka adalah pendekatan terbaik.

Diantara 15.105 tim yang berpartisipasi pada kompetisi bidang MCM di tahun 2022, 67% diantaranya memilih permasalahan C. Tim jurusan Matematika Universitas Andalas memperoleh predikat yang sama dengan Universitas Katolik Parahyangan (Indonesia), Xiamen University Malaysia (Malaysia), Simpson College (USA), dan berbagai Universitas di Asia dan USA. Meskipun diramaikan oleh kampus dan universitas dari China, namun tim jurusan Matematika dapat mempertahankan predikatnya sebagai “Successful Participant” seperti tahun sebelumnya. Civitas Academica jurusan Matematika mengucapkan selamat kepada tim MCM 2022 jurusan Matematika atas prestasi yang diraih pada ajang kompetisi internasional ini.

Read 206 times