Mahasiswa Prodi S1 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data Berhasil Lolos ke Babak Semifinal Sanata Dharma Calculus League

14 November 2022

Enam orang mahasiswa Prodi S1 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data Universitas Andalas (UNAND) berhasil lolos ke babak semifinal Sanata Dharma Calculus League (SaDharCalL) ke 4 tahun 2022. Enam orang mahasiswa tersebut tergabung dalam tiga tim, yaitu Rizki Ladipa YM dan Ahmad Al Capone, Ridho Saputra dan Robi Maulana Butar-Butar, serta Sofiana Wudlu dan Ridwan Prawira Yunaldi. Seleksi awal kompetisi nasional ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 5 November 2022, di mana sebanyak 26 tim berhasil lolos ke babak semifinal. Babak semifinal SaDharCalL 2022 diadakan secara luring di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 12 November 2022.

 Meskipun belum berhasil membawa pulang piala sebagai juara, namun peserta SaDharCalL 2022 Prodi S1 Matematika UNAND merasa beruntung dapat berpartisipasi sebagai semifinalis serta semakin termotivasi untuk berkompetisi di tahun berikutnya. Hal ini dikarenakan tahun ini merupakan tahun pertama mahasiswa Prodi S1 Matematika UNAND berhasil lolos sebagai semifinalis dan berharap tahun berikutnya mampu membawa pulang piala pada kompetisi ini. SaDharCalL merupakan kompetisi Kalkulus ditingkat perguruan tinggi yang sudah terlaksana selama empat tahun berturut-turut. Pada tahun 2021 kompetisi ini dilaksanakan secara daring untuk setiap babak, dan mahasiswa Prodi S1 Matematika Departemen Matematika dan Sains Data belum berhasil lolos ke babak semifinal. Pembina Perlombaan Departemen Matematika dan Sains Data menyatakan bahwa diharapkan mahasiswa Prodi S1 Matematika UNAND mendapatkan pengalaman berkompetisi secara langsung dengan rekan mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia di bidang kalkulus, yang merupakan bidang dasar yang harus dikuasai oleh semua mahasiswa Matematika. Selanjutnya di tahun mendatang diharapkan mahasiswa Prodi S1 Matematika UNAND yang ikut berkompetisi dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang dan lebih baik, agar dapat membawa gelar juara.

Read 362 times