Bench Marking dan Penjajakan Kerjasama Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA UNAND ke Departement Matematik, Faculty of Science Universiti Teknologi Malaysia

06 February 2023

Tim utusan Departemen Matematika dan Sains Data FMIPA Universitas Andalas (UNAND) yang terdiri dari tiga orang dosen perwakilan Program Studi S1 Matematika dan tiga orang dosen perwakilan Program Studi S2 Matematika, melakukan kegiatan bench marking dan penjajakan kerjasama ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada tanggal 30 Januari – 2 Februari 2023. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut difokuskan pada pembahasan kurikulum, akademik, dan diskusi beberapa kerjasama dari masing-masing utusan Universitas.

Hari pertama tim dari Matematika UNAND disambut oleh perwakilan Faculty of Science UTM dan dilanjutkan dengan ramah tamah dan perkenalan dari kedua belah pihak. Hari berikutnya adalah diskusi kurikulum dan seputar akademik. Program Studi S1 Matematika yang diwakilkan oleh Dr. Arrival Rince Putri, Ketua Prodi S1 Matematika, mempresentasikan garis besar kurikulum Prodi S1 Matematika yang meliputi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Struktur Mata Kuliah, distribusi Total Kredit di setiap semester, kegiatan mahasiswa di setiap semester, baik akademik maupun non akademik, dan lain sebagainya. Setelah itu, perwakilan Undergraduate Program of Mathematical Science Dr. Anati Ali memaparkan pula kurikulum programmnya. Selanjutnya, Program Studi S2 Matematika juga melakukan kegiatan yang sama, di mana presentasi kurikulum dan akademik Prodi S2 diwakilkan oleh Dr. Ferra Yanuar dan Dr. Hazzirah Izzati Mat Hashim mewakili untuk memaparkan kurikulum dan akademik Postgraduate Study of Mathematics. Diskusi dan sharing session berlangsung dengan cukup intens di mana kedua program saling memberikan saran dan tanggapan untuk kurikulumnya masing-masing.

Kegiatan terakhir adalah penjajakan kerjasama yang mungkin akan dilakukan oleh kedua belah pihak. Dari diskusi pada sesi ini, diperoleh beberapa kesepakatan yang dituangkan dalam bentuk draft Memorandum of Agreement (MoA) yang berisi kegiatan-kegiatan kerjasama yang mungkin dilakukan baik dalam bidang pendidikan mau penelitian yang melibatkan Dosen dan mahasiswa dari kedua belah pihak. Diharapkan dari kegiatan ini diperoleh masukan untuk perbaikan kurikulum Prodi S1 dan S2 Departemen Matematika dan Sains Data. Juga, beberapa perbaikan dalam hal akademik lainnya dan perjanjian kerjasama yang diharapkan dapat dilaksanakan oleh kedua belah pihak.

Read 149 times