Selain berprestasi dalam bidang akademik, mahasiswa matematika Unand juga banyak menorehkan prestasi di bidang non-akademik. Salah satu prestasi non-akademik baru-baru ini diraih oleh Muhammad Zikri, mahasiswa matematika Unand angkatan 2014. Prestasi tersebut beliau raih dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sumatera Barat Ke-XV yang berlokasi di Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat pada tanggal 18-28 November 2018.

Dalam Porprov tersebut, Zikri menjadi perwakilan atlet kontingen Kab. Tanah Datar dalam cabang olahraga arung jeram. Cabang olahraga ini perdana dipertandingkan pada Porprov ke-XV kemaren.

Terdapat empat kelas pertandingan dalam arum jeram ini, yaitu Slalom, Sprint, Head to Head dan Down River Race. Selain itu peserta dibagi atas empat kategori, yaitu R6 Putra, R6 Putri, R4 Putra dan R4 Putri.

Adapun prestasi yang diraih Zikri beserta rekan-rekan se-tim nya dalam cabang olahraga arung jeram ini adalah:

  1. Medali emas kategori R6 putra pada kelas pertandingan Down River Race
  2. Medali perak kategori R4 putra pada kelas pertandingan Sprint
  3. Medali perak kategori R4 putra pada kelas pertandingan Down River Race
  4. Medali perunggu kategori R6 putra pada kelas pertandingan Slalom

Terkait prestasi yang diraih ini, Zikri menjelaskan bahwa olahraga arung jeram ini mulai beliau kenal dan dalami di UKM Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Andalas (MAPALA UNAND). “Saya ucapkan terimakasih kepada kedua orangtua saya dan kepada pihak kampus terutama Jurusan Matematika Unand yang telah memberikan dukungan penuh berupa izin dan doa sehingga saya dapat berhasil menorehkan prestasi di ajang Porprov kemarin”, tambah beliau.

 

HIMATIKA Goes to School, atau disingkat HGTS, merupakan program tahunan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Andalas yang diselenggarakan bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Sumatera Barat sebagai tempat acara. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 2006, HGTS telah berlangsung di berbagai daerah yang berbeda tiap tahunnya. Pada tahun ini, HGTS XIII diadakan di SMAN 3 Solok pada tgl 10 November 2018. Menurut Ketua Panitia, Ade Ngestu Sulistio (Matematika 2016), HGTS tahun ini diikuti 507 siswa-siswi SMA/SMK se-derajat yang berada di Kota dan Kabupaten Solok. Tema yang diangkat pada HGTS ini adalah "I am ready for a new stride".

Walikota Solok yang diwakili oleh Hj. Mursiati (Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok) membuka secara resmi HGTS XIII di aula SMA Negeri 3 Solok. Berbagai rangkaian kegiatan diadakan pada HGTS ini, yaitu Mathematics Challenge, Lomba Cepat Tepat, Poster, Rangking 1, Photo Contest, Expo dan Seminar Umum. Narasumber dalam Seminar Umum adalah Dr. Admi Nazra, Dosen Matematika Unand, dengan tema "The Majesty of Mathematics" dan diikuti puluhan guru dan siswa yang berasal dari Kota Solok dan sekitarnya.

Kegiatan HGTS XIII ini didukung penuh oleh Jurusan Matematika FMIPA Unand. Ketua Jurusan dan beberapa orang dosen matematika Unand turut hadir dalam acara ini. Mereka bertindak sebagai juri LCT dan narasumber dalam seminar umum dan promosi jurusan. Menurut Dr. Mahdhivan Syafwan, Ketua Jurusan Matematika Unand, acara HGTS ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. Selain mempromosikan jurusan, acara ini juga dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi tentang penting dan menariknya matematika serta peluang karirnya.

Acara HGTS XIII ditutup pada sore harinya oleh Kepala SMAN 3 Solok, Eko Gunanto S.Pd dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari masing-masing cabang lomba. Khusus yang meraih Juara 1 dan 2 kategori Mathematics Challenge mendapatkan Golden Ticket ke Pekan Senin Bermatematika (PSB) XVI tingkat nasional yang akan diadakan pada bulan Februari 2019.

Adapun pemenang HGTS XIII adalah sebagai berikut :
- Mathematics Challege
Juara 1 : Maghfironia Arma (SMAN 2 Sumbar)
Juara 2 : Qhairul Rizal Ghozali (SMAN 1 Gunung Talang)
Juara 3 : Nabila Khairunnisa (SMAN 1 Gunung Talang)
- Lomba Cepat Tepat
Juara 1 : SMAN 1 Kubung
Juara 2 : SMAN 1 X Koto Singkarak
Juara 3 : SMAN 1 Kubung
- Rangking 1 : Vanesaa Rahmadani (SMAN 3 Solok)
- Poster
Terbaik :Mutia Khairunnisa (SMAN 1 Gunung Talang)
Terfavorit : Haryoko Aditya Pratama (SMAN 3 Solok)
- Photo Contest
Terbaik : Yoga Sabila (SMKN 1 Solok)
Terfavorit : Izzatullatifa (SMAN 1 Kubung)

 

 

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas, yang dalam hal ini dimotori oleh Lab/KBK Matematika Terapan, mengadakan workshop dengan Tema "Elliptic Numerical Applications" pada tanggal 23 - 24 November 2018 di ruang seminar Jurusan Matematika. Workshop diisi oleh Dr. Frits Van Beckum, pensiunan dosen matematika dari Twente University, Netherland. Frits datang berbagi kepakaran beliau tentang persamaan diferensial parsial dan aplikasinya kepada mahasiswa dan dosen matematika di wilayah Sumatera Bagian Tengah. Menurut ketua panitia, Dr. Arrival Rince Putri, peserta workshop terdiri dari dosen dan mahasiswa S1 dan S2 yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti Unand, STKIP PGRI Padang, Unri dan STMIK Dumai.

Hari pertama workshop diisi dengan pemaparan teori dan konsep mengenai flux, gradient, Laplace equation, dan boundary conditions. Kemudian hari kedua dilanjutkan dengan diskusi project oleh peserta dengan kasus-kasus yang diberikan oleh narasumber.

Kegiatan workshop berjalan dengan baik dan lancar, terutama terlihat dari diskusi dan hasil project yang diperoleh oleh peserta. Kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan Indo-MS wilayah Sumbagteng dimana momen workshop tersebut juga dimanfaatkan untuk pelaksanaan kongres wilayah.